"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Kamis, 26 April 2012

Karyawan Teladan

Kita Sering melihat kondisi mengenaskan yang dialami tenaga kerja kita di luar negeri, penyiksaan, pemerasan, dan bahkan pembunuhan TKI, sungguh ironis terjadi, kita bangsa yang menghargai orang lain tetapi warga negara kita di luar negeri ada yang diperlakukan tidak manusiawi.

Sebenarnya apa yang terjadi kok bisa terjadi kejadian seperti itu? , pertanyaan yang wajar diungkapkan, karena para cukong atau orang yang memberi pekerjaan sebelum perekrutan tenaga kan sudah memiliki referensi tentang calon tenaga kerjanya, sehingga apabila kejadiannya tidak sesuai dengan catatan atau kesepakatan kan tinggal mengembalikan kepada pihak penyalur tenaga kerjanya dan minta ditukar.

Ada apa kok sampai terjadi penganiayaan tenaga kerja , apakah ada informasi yang tersumbat sehingga sampai ada perlakuan yang tidak senonoh terjadi kepada tenaga kerja kita diluar negeri.

Mari kita lihat faktor spikologisnya, dari sudut pemberi pekerjaan atau pihak perusahaan , secara umum pihak perusahaan mencari tenaga kerja sesuai kriteria yang diminta dan sudah melalui test baik tertulis maupun wawancara dan test kesehatan , dimana harapan perusahaan adalah direkrutnya calon tenaga yang handal yaitu memenuhi kriteria , antara lain sehat , trampil serta kemampuan komunikasi lancar.Namun dalam kenyataanya terjadi faktor yang bisa mempengaruhi niat pekerja, faktor yang dapat mempengaruhi pekerja antara lain :
1. Besaran gaji yang tidak sesuai
2. jam kerja tidak sesuai kesepakatan
3. Besaran upah lembur yang tidak sesuai
4. Fasilitas yang tidak sesuai

Nah jika faktor faktor tersebut terjadi bisa dipastikan akan memunculkan konflik dengan karyawan. Faktor inilah yang menjadi faktor utama tidak ada penghargaan kepada karyawan. Perusahaan biasanya memposisikan dirinya pada pihak yang benar sehingga karyawan yang harus ikut aturan, sehingga konflik makin berkepanjangan.

Dari sudut pekerja biasanya mempunyai kriteria tertentu untuk masuk ke perusahaan mana dan jenis pekerjaan apa. biasanya sesuai dengan minat dan yang utama biasanya masalah besaran gaji, sistem kerja dan memberlakukan sistem kerja kontrak atau outsourching atau tidak , biasanya yang dicari adalah non outsourching. Pemilihan ini didasarkan kelanggenganbekerja soalnya banyak perusahaan yang hanya menggunakan sistem kontrak 6 bulanan dan bisa diperpanjang asal memenuhi syarat, semuanya yang memiliki kuasa perusahaan , pekerja dalam posisi lemah.

Jika perekrutan berdasarkan pengertian kebersamaan maka akan dengan mudah dinegosiasikan jika terjadi permasalahan, karena prinsip perusahaan suka dan karyawan suka maka terjadi deal , tetapi jika pekerja suka sedang perusahaan tidak , maka non deal , sebaliknya perusahaan suka karyawan tidak maka juga terjadi non deal , nah jika kedua nya deal maka saat inilah proses penghargaan kepada karyawan sering terwujud, karena karyawan dianggap asset perusahaan.
Jika karyawan sudah dianggap asset maka sudah ada penghargaan kepada karyawan karena maju dan tidaknya karyawan adanya perhatian dan program peningkatan oleh perusahaan berupa kesempatan belajar, kesempatan seminar, kesempatan studi banding , kesempatan mencari mentor diluar perusahaan, kesempatan untuk mengajukan pensiun dan kesempatan memperoleh tunjangan baik kesehatan maupun tunjangan hari tua.

Kesempatan yang diberikan perusahaan inilah yang memperlihatkan posisi karyawan menjadi mitra untuk maju , bukan atasan dan bawahan , bukan pemilik dan pekerja namun sama sama sebagai pihak yang diuntungkan dengan adanya perusahaan tersebut.Dengan demikian perusahaan telah menempatkan hubungan Industrian dengan para pekerjanya, sehingga sudah diterapkan konsep reward and punishmen , pemberian penghargaan kepada yang berprestasi dan pemberian hukuman bagi yang melanggar.

Dari pengalama permasalah diatas dan solusi yangditerapkan , maka kita harus pandai pandai memilah dan memilih perusahaan yang tepat jika kita sebagai pekerja mau mencari pekerjaan, semoga kita lebih cermat dalam memilih perusahaan dimasa depan pada saat kita mau jadi pekerja atau pad saat kita tour of duty , dari perusahaan satu ke perusahaan yang lain , yang jelas kita dapat mengukur sendiri kekuatan dan ketrampilan kita untuk masuk dipersaingan dunia kerja .... semoga ada manfaatnya    



1 komentar: