"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Selasa, 17 April 2012

Kiat agar tanaman hias subur , hijau dan menarik


Salah satu kegiatan bisnis yang kita praktekan kepada siswa kelas wirausaha dan SPG SMK N 2 Magelang adalah rental tanaman hias , sebuah bisnis yang unik karena pada awalnya suatu kebetulan saja , saya kan punya hoby tanaman hias dengan kemampuan perawatan tanaman yang cukup baik , kemampuan ini saya terima dari hasil kursus tentang tanaman dan media tanam selama 8 Bulan dari penyemaian sampai paska panen, sebuah kursus yang komplit untuk menguasai seluk beluk dan cara tanam yangbaik dari tanaman buah dan sayuran dan bunga khusunya anggrek. Sampai saat ini saudaraku jika memiliki tanaman yang kurang sehat maka sering dibawa ke tempatku terus biasanya saya lihat struktur akarnya dulu , jika ada jamur maka segera saya bersihkan dan saya gunting akar tua kemudian saya bersihkan dengan air lalu saya kasih perangsang akar dan saya angin anginkan dulu semalam baru paginya saya tanam lagi dengan media baru , kita memang harus memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang media tanam dan unsur hara tanaman, sehingga jika kita mau mendalami bisnis tanaman paling tidak harus memahami seluk beluk tentang perawatan dan media tanaman.

Dilihat dari prospek rental tanaman kedepan maka akan menjadi trend bisnis , karena banyak perkantoran dan lembaga serta sekolahan yang ingin agar nuasa lingkungannya hijau dan subur, sehingga bisnis ini akan berkembang seiring dengan perkembangan pola kehidupan dan kesibukan manusia.

Nah jika anda juga berminat dibidang tanaman hias , coba kembangkan lagi dengan berusaha bergerak dibidang rental tanaman, satu jenis tanaman minimal5 buah pot karena untuk menjaga perputaran setiap dua minggu ditukar dengan jenis yang baru, kebutuhan pot tergantung berapa banyak kantor atau instansi yang akan dibidik jika kantor kecil ya 100 pot sudah cukup , tetapi jika misal sebuah universitas maka harus memiliki pot ribuan banyaknya, kita harus memiliki tenaga yang khusus merawat tanaman agar kelihatan fresh sehingga faktor pemberian pupuk tanaman perlu diperhatikan, ciri criri tanaman stres harus dikuasai karena jenis tanaman yang beraneka ragam juga jenis daun serta bentuknya sehingga kita harus memahami masing masing jenis tanaman agar nantinya tidak terkejut jika ada tanaman yang mati tidak terawat.

yang perlu diperhatikan adalah acecories pot perlu ditambahkan agar tampilan pot lebih bergaya dan bernuasa seni , serta faktor penempatan dan titik fokus setiap penempatan perlu diperhatikan, karena jika tanaman baik dan subur dan eksotis tetapi penempatannya salah disuatu ruangan maka tidak akan memunculkan aura keindahan, sehingga perlu diperhatikan dengan seksama tentang faktor penempatan.

Kita memang harus belajar lebih jauh tentang sistem perawatan tanaman , karena jika kita sembarangan menanam maka bisa dipastikan tanaman hidup tetapi tidak mau berkembang alias loyo, salah satu kiat untuk memudahkan kita memilih media tanaman yang cocok adalah kita ukur dulu PH tanah atau medianya , gunakan kertas lakmus beli di toko pertanian, cara menyesuaikannya adalah sebagai berikut :
1. Ambil daun tanaman yang mau ditanam satu lembar terus diremas remas sampai lembut terus dikasih disendok ditambah air sedikit , campurkan air dengan daun yang telah diremas lembut tersebut sampai kelihatan warnanya hijau setelah itu ambil kertas lakmus satu lembar masukan di air campuran disendok tadi , diamkan sebentar maka akan menunjukkan warna , terus ukur dengan skala yang ada dikertas lakmus jika PH 7 artinya buatkan media tanah dengan PH juga 7 , karena secara otomatis jika ditanam dimedia dengan PH sama antara daun dan media maka tanaman akan bisa hidup subur , dengan catatan unsur hara tanaman cukup tersedia misal unsur N,P,K nya.
2. Jika sudah disesuaikan antara daun dan medianya dan sudah ditanam maka faktor perawatan terutama penempatan agar diperoleh sinar dan angin yang cukup .
3. faktor ketiga adalah pintar pintarnya kita membikin tanaman kelaparan atau stres setelah itu berikan makanan yang cukup maka dia akan berusaha untuk makan sebanyak banyaknya.
4. Setelah tanaman bisa hidup dengan baik upayakan agar keluarnya daun baru kita buat sesering mungkin , kita coba analisa lebih dahulu , coba pemberian air tiap 3 hari , 5 hari dan 1 minggu sekali , pengaruhnya bagaimana , nah anda buat catatan tersendiri biar tabiat masing masing tanaman anda pahami.

nah segala sesuatu memang yang kita kelola dengan serius pastinya akan menghasilkan , paling tidak ada rasa kepuasan jika tanaman yang kita pelihara tumbuh dengan subur dan menarik.
Coba bagi yang punya hoby tanaman lebih ditekuni lagi dan coba di bisniskan dengan cara disewakan atau direntalkan, paling tidak nantinya anda akan sibuk dan merasa kekurangan waktu, nanti coba dibuat uji coba bagaimana setiap 21 hari muncul daun baru ..nah jika sudah bisa maka anda siap untuk bermain di bisnis rental tanaman .... selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar