"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Minggu, 02 Juni 2013

Kuliner Kota Magelang

Sebuah kota Tua yang menorehkan sejarah cukup besar bagi perjalanan bangsa Indonesia , karena di kota inilah calon calon pemimpin bangsa digodog di kawah candradimuka "Akmil".
Dikota Sejuk dan luas kotanya tidak begitu luas hanya terdiri 3 kecamatan yaitu Kecamatan Magelang Utara, Magelang Tengah dan Magelang Selatan dengan jumlah kelurahan kalau tidak salah hanya 16 Kelurahan . Tapi di Kota Inilah orang kaya Indonesia banyak bermukim. Sehingga dari hari kehari Magelang Berhias agar layak dikunjungi oleh wisatawan Domestik maupun Asing.

Memang dibutuhkan kreatifitas agar kotanya dikunjungi banyak wisatwan seperti hanya Kota Bandung dan Malang, karena kedua kota tersebut dikenal sebagai kota kreatif. Sehingga peran SDM di kota tersebut dan kepemimpinan kota tersebut akan mewarnai kehidupan Kota.

Seperti halnya kota London di Inggris dikenal sebagai kota kreatif karena walikota London menggunakan kebijakan untuk membuka seluas luasnya kreatifitas warganya dengan membuka ijin agar menggunakan gedung gedung tuanya digunakan untuk ajang kreatifitas misal musik , fashion , tari , grafis , lukis , kerajinan , serta seni peran lainnya , sehingga penduduk Inggris jika mau menampilkan kreatifitasnya ya ditempat tempat tersebut. Pemerintah Inggris pun mendatangkan turis asing dan domestik untuk melihat pameran kreatifitas warganya di gedung gedung pamer , sehingga hasil kreatifitasnya laku dan turisnyapun mengalir sehingga semua pihak diuntungkan.

Semoga hal inipun dilaksnakan oleh pemerintah Kota Magelang agar kedepan kota ini menjadi kota kreatif dan maju , sehingga masyarakatnya sejahtera.

Kali ini saya akan memberikan gambaran tentang kuliner kota Magelang , sebenarnya kota bisa terkenal bukan hanya peninggalan seni budayanya saja tetapi kuliner yang dikelola dengan baikpun dan citarasa yang tinggi bisa mendatangkan turis.
Kota Magelang memiliki beberapa makanan khas yaitu :

Kupat Tahu :


Masakan ini sederhanya tetapi memiliki rasa khas karena campuran sambal kacang dan bumbu lainnya yang di sajikan dengan kupat dan tahu goreng yang digoreng tetapi tidak garing , tahu di iris iris sehingga teksturnya terlihat jelas baru kuah berisi sambal kacang ditaruh diantaranya , nah bagi mereka yang belum mencoba , datang ke Magelang ... pastikan anda tidak ketinggalan.

Getuk Magelang :
Ada beberapa varian getuk , baik yang dibuat tradisional maupun yang sudah diproses modern , semuanya punya cita rasa khas Magelang . UNtuk yang tradisional seperti berikut :




Adapun getuk yang sudah diproses pabrik dengan kemasana modern antara lain seperti berikut ini:


dan beberapa merk lainnya, yang jelas dari segi penampilan lebih baik dan terkesan modern.

Sop Senerek :

Makanan khas Magelang ini adalah warisan Belanda dulu , sampai sekarang digemari oleh masyarakat Magelang , bentuk sajian dan gambarnya berikut ini :


Nah bagi mereka yang penasaran datang saja ke Kota Magelang untuk menikmati cita rasa dari beberapa masakan khasnya.
 
Ada beberapa makanan yang lain seperti Kripik Tahu , Opor Entok , Wajik dan lainnya yang jelas masing masing menggugah selera untuk dinikmati. Cobalah datang ke Magelang untuk merasakan makanan Khas Kota Magelang.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar