"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Senin, 16 April 2012

Kiat Membuat Even Organizer terkenal


Kelompok kelas wirausaha SMK N 2 Magelang sedang gandrung gadrungnya mengkikuti irama kegiatan, sehingga ide kreatif terus bergema seiring dengan keingingan dari dunia usaha dan industri serta masyarakat sehingga para pembimbing menjadi selalu mencoba berkreasi terus. Pola pikir kreatif inilah yang menjadi tolok ukur apakah organisasi ini dalam waktu dekat mandeg atau terus berkembang, oleh karena itu kami bersyukur kepada Allah SWT dan berharap terus agar ide ini terus bergelora di otak para pembimbing.

Sebagai seorang pelaku bisnis saya menyambut gembira jika ide muncul dari teman teman pembimbing karena dengan adanya ide yang baik ini bakal kita uji coba dengan ide kreatif dari pihak lain , sehingga ide ini akhirnya mengerucut pada ide yang operasional artinya mudah dijalankan dan penuh pertimbangan baik dari sudut waktu , tenaga dan biaya.

Pola pikir kreatif inilah yang harus kita jaga intensitasnya dalam arti kita beri wadah yang tepat , karena jika setiap ide kreatif tanpa uji kelayakan kita bisa kehabisan energi, oleh karena itu dibentuklah suatu organisasi dengan tata kelola yang baik yang dapat menampung ide kreatif anggotanya tanpa meninggalkan aturan main yang telah ditetapkan dan harus melalui seleksi yang ketat untuk sebuah ide di goal kan sebagai tujuan yang segera dilaksanakan.

Sebagai pihak yang berkepentingan langsung terwujudnya ide kreatif , sekolah akan memberikan fasilitas dan kesempatan agar tidak saling adanya tabrakan kepentingan diantara pihak pihak yang terlibat, karena lembaga sekolah terdiri dari 4 pilar system yaitu pilar kurikulum untuk selalau menjaga mutu, pilar tertib pembelajaran , pilar pencitraan sekolah dan pilar ke empat adalah pilar kesejahteraan lembaga. saya sebutkan 4 pilar karena sebuah organisasi sekolah untuk tetap eksis harus tetap menjaga mutu karena mutu dapat terwujud jika ke empat hal tersebut terwujud. Penulis pernah studi banding ke sebuah perguruan tinggi kreatif saya sebutkan dan ini ada sebuah perguruan tinggi swasta di Jawa Timur tepatnya di UMM kota Malang, saya bisa saksikan bahwa lembagatersebut telah menggunakan pola yang saya sebutkan ini , karena memperlihatkan 4 pilar , yaitu ada yang ngurusi soal Kurikulum yang dimaui oleh pelanggan , ada yang ngurusi soal mutu artinya proses perkuliahan jangan sampai terganggu atau kosong , ada yang ngurusi soal pencitraan universitas sehingga tercipta Brain Image yang baik dimata masyarakat sehingga jumlah mahasiswanya ribuan , serta yang ke empat ada yang ngurusi kesejahteraan yaitu ada bagian yang dapat digunakan untuk menjadi mesin uang artinya selain bergerak dibidang pendidikan juga memiliki Rumah Sakit, Memiliki Perkebunan, Memiliki Gedung pertemuan , Memiliki Hotel dan Memiliki supermarket atau pertokaan dan unit bisnis lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu , Rektor dan Pembantu rektor memberikan kesempatan kepada pihak yang mempunyai kapasitas untuk berkiprah sesuai keahliannya sehingga betul betul diberi keluasaan untuk berkreasi. Nah kunci kreatifitas bisa berkembang jika pimpinan memberikan kesempatan untuk berkiparah sesuai keahliannya.

Oleh karena itu keinginan untuk berkarier di bidang Even Organizer kita wadahi dengan munculnya kelas EO ini , sebenarnya jika dirunut proses kegiatan bisnis ini diawali dengan adanya pihak yang butuh namun memiliki keterbatasan baik sarana maupun prasarananya dilain pihak adanya seseorang atau lembaga yang mampu mewujudkan keinginan dari pihak yang memerlukan pertolongan tersebut maka gayung bersambut jadilah suatu kegiatan yang dinamakan EO , EO sangat membantu pihak pihak yang memerlukan pertolongan tergantung jenis dan keperluannya sehingga jika memahami kesulitan pelanggan maka kegiatan EO tidak ada matinya he he , maka bagi para pihak yang ingin mengembangkan kegiatan EO terus saja lakukan dan jaring kerjasama yang saling menguntungkan dengan beberapa perusahaan karena perusahaan juga sangat terbantu dengan adanya EO ini.

Kunci yang perlu dipegang adalah:
1. Jangan sampai mengecewakan pelanggan karena satu kali anda mengecewakan maka untuk menaikan nama kita butuh waktu tenaga dan serta biaya yang tidak sedikit
2. Fokus pada satu bidang EO yang diminati
3. Buat peta jaringan yang efektif antara calon pelanggan yang sejenis
4. Kreatif untuk membuat kegiatan
5. Melaksanakan kegiatan secara serius dan zero kesalahan , kepuasan pelanggan menjadi moto setiap kegiatan
, selamat bagi yang berkiprah di EO sebentar lagi Team EO EdMart SMK N 2 Magelang akan segera berkiprah dikawasan Jawa Tengah dan sekitarnya dan marilah kita berkolaborasi untuk saling menghidupi dan memperkaya kasanah berfikir dan berkreasi sehingga nantinya generasi muda penerus bangsa akan bangga akan keberadaan kita , bahwa kita bernilai dan memiliki arti dalam kehidupan ini ...... Selamat berkarya semoga Allah SWT meridhoi langkah kita ... Amin Ya Robbal Alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar