"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Minggu, 15 April 2012

Menunggu realisasi pelatihan Training Event Organizer di SMK N 2 Magelang


Salah satu pelatihan yang sedang kami kembangkan di SMK N 2 Magelang adalah pelatihan untuk Event organizer ( TEO) dimana kegiatan ini dapat menjadi trend pelatihan SDM dimasa depan , mengapa bisa punya pandangan seperti itu .

Event organizer sedang berkembang pesat di negeri kita. dari yang bergerak di bidang pertunjukan musik, pameran produk (mobil, komputer, handycraft), sampai wedding membutuhkan jasa event organizer. Begitu juga dengan training yang pada umumnya membutuhkan profesi ini atau yang biasa disebut dengan Training Event Organizer (TEO).

Fungsi TEO ini dalam mekanisme sebuah penyelenggaraan Training sangat penting. Dialah yang mengordinasi, melayani, men-support kepentingan beberapa pihak, seperti trainer, trainee, vendor training (venue, catering, transportasi, dan sebagainya), media massa, serta pihak-pihak terkait lainnya. Fungsi TEO ibarat pembuluh darah dalam tubuh. melalui peran mereka, training/seminar akan terwujud dengan lancar, menyenangkan dan sukses. keberadaannya sama pentingnya dengan seorang trainer, trainee, dan materi training itu sendiri.

Akan tetapi, belum banyak TEO yang cukup dikenal luas masyarakat layaknya Java Musikindo (pertunjukan musik) atau Dyandra (pameran komputer dan mobil). alasannya adalah biasanya suatu lembaga training atau seorang trainer independent terkenal sudah memiliki TEO sendiri. Selanjutnya mereka merekrut 1-3 orang untuk membantu mereka dengan pemberian tugas. bahkan, tak jarang mereka hanya memiliki satu orang untuk menangani semua aspek pekerjaan ini (multitasking). Dengan demikian, sangat jarang lembaga atau trainer terkenal memberi tugas ini ke TEO 'murni'. Namun, Anda jangan berkecil hati karena peluang menangani sendiri TEO masih sangat terbuka lebar.

Tugas event training memang belum sekompleks pertunjukan musik atau pameran yang dapat menyedot puluhan ribu orang. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus anda kuasai untuk menjadi seorang TEO apalagi jika anda tergolong pemula, seperti memiliki daya analisis yang baik , sistematis, customer oriented, dinamis, mengikuti informasi terkini, dan komunikatif. seiring dengan makin luas ruang lingkup dan kompleksitas training yang ditangani maka kemampuan yang dibutuhkan pun semakin berkembang, misalnya networking, melobi, negosiasi, presentasi, dan leadership.

Bila anda tertarik menggeluti profesi ini, jangan ragu untuk menjalaninya karena prospek profesi ini sangat bagus dan menguntungkan. selain belum banyak yang berkecimpung di bidang ini, anda juga akan memiliki networking yang bagis dengan para trainer dan perusahaan pengirim trainee. Dengan demikian, anda pun akan sukses dalam karier ini bila anda mempunyai kemampuan dan menguasai seluk-beluk TEO. sumber :blogdoodye.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar