"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Selasa, 10 April 2012

Kiat membesarkan ikan sisik tanpa makanan tambahan


Upaya untuk menambah kocek perlu dilakukan bagi siapa saja termasuk para PNS , pensiunan, swastawan dan bagi mereka yang telah bekerja, untuk itu diperlukan tambahan referensi bisnis apa yang paling cocok untuk dijalankan,. Banyak orang mencoba untuk berbisnis namun tidak semua berhasil , keberhasilan sangat ditentukan faktor keseriusan dalam pengelolaan disamping faktor keberuntungan , salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah penyaluran hoby yang berujung keseriusan untuk dikembangkan yang akhirnya berujung untuk dibisniskan.

Boleh kok kita sebelum betul betul terjun untuk digeluti sebagai pekerjaan sambilan , terlebih dahulu belajar pada orang yang telah berhasil atau istilahnya kita cari mentor atau orang yang mengajarkan kita untuk sukses , kita tidak boleh lupa bahwa peranan mentor ini besar sekali lo , jangan dikira tidak mempunyai peran yang fital , karena jika salah langkah bisa lebih lama untuk sukses, kita coba tiru rumus Purdi Chandra dengan Primagamanya yaitu rumus ATM ( amati , tiru , modifikasi) oleh karena itu kita perlu mentor tersebut.

Salah satu Hoby yang bisa membuat kita terhibur dan menjadikan hidup kita bertambah bahagia adalah pemeliharaan ikan sisik ( ikan gurami, ikan bawal, ikan mujair, ikan braskap dll) dengan cara yang sederhana dan bisa kita lakukan di sekitar rumah kita atau yang dekat dengan lingkungan rumah kita.
Yang saya lakukan adalah sebagai berikut :
1. Buat kolam ukuran 20 m X 30 m , ini ukuran ideal
2. isi air kolam setinggi 45 cm
3. isi kolam dengan pupuk kandang dari kotoran sapi 1 truk yang sudah matang artinya yang sudah siap ditebar , jika kotoran baru ikan bisa mati
4. posisi kotoran ditaruh ditengah seperti anakan gunung
5. biarkan sampai hari ke 21 , sampai munculnya calon lumut atau air berubah warna kuning kecoklatan dipermukaan air ada lamat lamat kuning seperti air untuk merendam besi .
6. Air ini tidak boleh ditambah selama 21 hari jadi posisi air tingginya 45 cm kurang lebih
7. Setelah rata warna airnya kekuning kuningan dan sudah muncul calon lumut , ikan sudah siap ditebar ,
8. ukuran ikan yang 1 cangkir isi 250 biji , isikan kolam tersebut dengan 40 cangkir
9. Biarkan ikan melahap cacing hasil pengembangbiakan bari kotoran sapi yang ditebar ditengah kolam , anda akan terpesona ternyata cacing akan menjadi makanan atau rangsum luar biasa bagi ikan , karena gundukan tanah seperti gunung pelan tapi pasti akan bergeser karena berubah menjadi cacing cacing tanah merah yang kecil kecil dan menjadi sumber makanan yangberlimpah bagi ikan .
10. Setelah berlangsung 4 bulan , maka anda akan terpesona ternyata tanpa makanan tambahan hanya dikasih kotoran sapi saja ikan dari ukuran 1 lidi menjadi ukuran 1 telapak tangan .
11. Ini yang dimaksud hoby bikin gembira dan bahagia , karena kita tidak tiap hari ngasih rangsum tambahan , awasi saja ikan tersebut supaya tidak dicuri atau dipancing pihak yang tidak bertanggung jawab.
12. Setelah gunungan kotoran tidak terlihat lagi ikan siap untuk diborongkan atau dipancingkan harian.
13. Anda akan tersenyum sendiri .... he he betul juga cara ini , ini saya lakukan untuk beberapa kali coba ikan Mujair atau Nila dulu ya
14. Selamat mencoba dan sukses buat anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar