"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Senin, 22 April 2013

Sekolah harus memiliki nilai keunggulan

Pengalaman sebagai seorang guru sekaligus yang membidangi hubungan masyarakat cukup lama sekitar 15 tahun , ada beberapa catatan penting yang bisa saya sampaikan kepada para pengelola sekolah terutama guru guru yang disampiri tugas sebagai kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah dan ka unit tertentu di sebuah sekolah, agar sekolah kita menjadi terkenal.

Yang perlu saya tekankan adalah sekolah kita memiliki nilai pembeda ( diferent value ), adapun nilai pembeda ini dibangun dan disadari oleh semua pemangku kebijakan di sekolah tersebut dan diakui oleh semua keluarga besar sekolah dari mulai penjaga sekolah sampai kepala sekolah tanpa kecuali, jadi kebijakan yang diterapkan adalah berorientasi pada keberlangsungkannya manajemen sekolah sekaligus dalam rangka sekolah tetap eksis.

Para guru dan pembaca yang budiman, penulis adalah seorang guru sekaligus pelaku bisnis yang cukup malang melintang di dunia bisnis , terutama di bisnis property , bisnis jasa bengkel , bisnis pertanian kayu keras ( Sengon dan mahoni ) , sehingga pengalaman penulis untuk memberikan masukan di sekolah diberi tempat yang cukup strategis , sehingga bisa memberikan warna untuk sekolah kami.


Satu hal yang perlu diingat adalah komitmen dan menjaga kepercayaan dari pelanggan kita , terutama orang tua siswa , harus dinomor satukan agar semua kebijakan sekolah di amini oleh orang tua siswa sehingga berapapun anggaran yang diminta kepada orang tua , mereka akan memberikan suport yang positip.

Saudaraku yang budiman , tidak perlu punya pikiran yang njlimet atau ruwet semua bisa diatur dan dibicarakan , dengan catatan kita memberikan wacana dan pemikiran yang operasioanal dan mudah dijalankan serta urgen dengan kepentingan saat ini dan perlu diadakan.Karena jika memberikan program yang tidak relevan untuk kepentingan siswa , maka orng tua akan keberatan karena tidak ada urgensinya dengan kepentingan siswa. Jika program yang kita jalankan disekolah demi kemajuan siswa dan keberlangsungan sekolah di masa depan maka mereka akan mensuport dengan maksimal.

Siapakah yang berperan didepan jika berhadapan dengan masyarakat atau perwakilan orang tua di sekolah , karena ditangan inilah orang tua akan menitipkan kepentingan mereka di sekolah alias yang dipercaya oleh masyarakat, harus diplih orang yang memiliki komitmen yang ikhlas dan mengutamakan kemaslahatan umat, seperti yang disampaikan dalam kriteria  ayat Alqur'an : Waqshid fii masyyika waghdhudh min shawtika ," Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakanlah suaramu". ( QS : 31 : Luqman : 19 )
Sehingga orang yang berperan didepan adalah guru yang memiliki penampilan yang elegan dan low profile dengan tingkat kepercayaan yang tinggi dengan ucapan yang indah dan menawan.
Dengan kriteria diatas maka paling tidak seorang yang membidangi hubungan masyarakat adalah yang memiliki karakter ; Wa ' ibaadur rahmaanil ladzina yamsyuuna 'alal ardhi hawnan , " Dan hamba hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu ( ialah ) orang orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati ". ( QS : 25 : Al Furqan : 63).

Saudaraku , Peranan Humas sebuah sekolah sangat penting, maka jangan anggap sepele pekerjaan humas, jika sudah dikelola dengan baik maka akan memberikan penilaian positip dari masyarakat sehingga humas sekaligus Publick Relation bagi perusahaan atau lembaga sekolah tersebut yang baik akan menjadikan sebuah sekolah akan menjadi terkenal dari segi profil sekolah. Fabimaa rahmatin minallaahi linta lahum , wa lawkunta fazhzhan ghaliizhal qalbi lanfadhuu min hawlika, " Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu ". ( QS : 3 : Ali Imran : 159 )


Saudaraku, sekarang kita memahami kenapa mereka menjauh , tak ada satu orangpun yang dapat bertahan bersahabat dengan anda,. Jawabannya karena anda bersikap keras dan berhati kasar, anda hanya mengukur mereka dengan diri anda, padahal mereka bukan anda dan anda pun bukan mereka . Bersikaplah arif dan bijaksana, maka mereka akan datang mencari anda.  

Sekarang kita bahas, nilai pembeda sebuah sekolah yang bisa kita jalankan. Kita ambil contoh sebuah sekolah kejuruan yang membuka program keahlian Pemasaran atau marketing , selain dibekali dengan 12 kompetensi pemasaran  , salah satu yang ditonjolkan adalah kemampuan " Negosiasi " , coba buat team sukses yang terdiri dari guru- guru yang memiliki komitmen yang tinggi untuk memajukan sekolah yang mempunyai jiwa korsa yang tinggi dengan ikhlas menjalankan tugas tanpa memikirkan " dapat apa dulu " dari kegiatan  tersebut artinya dipilih guru berjiwa pejuang , setelah terbentuk , maka rencanakan segala sesuatunya dengan baik meliputi :
1. Rencana kerja 
2. Rencana operasi 
3. Tolok ukur keberhasilan
4. Anggaran yang dibutuhkan
5. Pihak yang dilibatkan dari luar sekolah 
6. Menjaga komitmen Tujuan menonjolkan " Negosiasi " 
7.  Stimulus dan respon kepada pihak pengguna dan pelaksana.
8. Reward and punishement bagi yang berperan aktif dan memberikan peringatan kepada yang kurang aktif.

Apa sebenarnya yang dicari setelah kita mengerjakan program penonjolan tersebut ? , program tersebut hanya sebagian kecil untuk menjadikan sekolah kita dikenal , karena tidak ada satu perusahaanpun  yang tidak membutuhkan seorang negosiator , pemasaran tanpa negosiasi tidak mungkin akan sukses, akibatnya jika kita menyiapkan dengan baik lulusan dengan kemampuan negosiasi tersebut maka akan dengan mudah menarik perusahaan atau investor yang mau bekerjasama dengan sekolah kita, apalagi sudah terbentuk image " Negosiasi = nama sekolah kita " , seperti " ingat beras ingat kosmos ".

Saudaraku, Sebuah sekolah yang mau terkenal hendaknya memiliki team terdiri dari :
1. Team sukses Kurikulum
2. Team sukses Renbang
3. Team sukses Pencari dana produktif
4. Team sukses Humas 
5. Team sukses Kesra 
1. Tugas team sukses kurikulum adalah menjamin pelaksanaan kurikulum berjalan dengan tertib dalam rangka mencapai tujuan , misal sukses UN terbaik se Propinsi atau terbaik se Indonesia dengan menyiapkan segala pernak perniknya.

2. Tugas team sukses renbang adalah merencanakan segala sesuatu agar bisa menjamin sekolah tetap eksis dan diminati pengguna , dengan membuatkan kegiatan yang menjadi daya tarik masyarakat bersekolah ditempat kita, misal kurikulum yang fleksibel yang senantiasa melihat kebutuhan dunia usaha dan industri , sehingga apa yang kita siapkan di sekolah adalah memenuhi kebutuhan  dunia usaha dan dunia Industri.

3. Tugas team sukses Pencari dana produktif adalah membuat kegiatan produktif yang mendatangkan hasil , misal jika sekolah punya gedung pertemuan dibuat untuk disewakan kepada masyarakat umum, buat klinik kesehatan untuk umum bekerjasama dengan dokter dan perawat , seperti buat poliklinik sehingga ada pendapatan dari sektor tersebut, buat ruang di depan sekolah untuk disewakan kepada masyarakat , buat persewaan peralatan pesta , buat tim SPG untuk pameran , buat kegiatan bisnis on line yang dijalankan oleh siswa , buat ruang untuk cuci mobil dan motor untuk guru dan siswa serta umum libatkan siswa siswa yang tidak mampu berikan bea siswa untuk mereka, intinya harus menggali potensi ekonomi untuk keluarga besar sekolah dan tidak boleh direcoki oleh siapapun kecuali kepala sekolah memiliki kebijakan yang lain karena ada fokus yang berbeda  , kalau sudah dipercaya berikan kepercayaan tersebut dan tentukan jangka waktunya dan indikator keberhasilannya , jika gagal harus diganti team yang lain, cari yang terbaik, karena semuanya untuk lembaga bukan untuk perorangan.

4. Tugas team sukses Humas, berikan kepercayaan sepenuhnya kepada team humas untuk membuat pencintraan sekolah dengan optimal , berikan alokasi dana yang cukup , agar operasional berjalan dengan baik , oleh karena itu pandai pandailah membuat rencana yang efektif tapi mengena sasaran , buat analisa kegiatan terlebih dahulu sehingga bisa diketahui perjalanan waktu ke waktu mana yang didahulukan dan menjadi target, sehingga anggaran yang dikeluarkan mempunyai hasil yang signifikan.

5. Tugas team Kesra , adalah menjamin bahwa kesejahteraan anggoata keluarga besar sekolah tetap terjadi , sehingga keberradaan beberapa team memang diharapkan keberadaannya oleh semua warga sekolah tanpa ada faktor kecemburuan , karena muaranya adalah adanya peningktatan kesejahteraan , sehingga siappaun orangnya yang bekerja senantiasa disambut positip karena tidak ada yang untuk tujuan memperkaya diri sendiri, tetapi semuanya untuk keluarga besar sekolah.

Memang dibutuhkan kepala sekolah yang kredibel dan luwes dengan wawasan yang cukup luas dan amanah yang senantiasa mendorong kemajuan sekolah, yang orientasinya adalah kerja untuk ibadah dan menanamkan kebaikan , karena untuk menanamkan kebaikan maka hasilnya adalah munculnya kasih sayang dari semua anggota sekolah , tidak ada satu pihak pun yang akan merecoki kepala sekolah seperti ini.
Kepala sekolah punya komitmen yang tinggi untuk kelangsungan sekolah dengan memperhatikan faktor ekternal sekolah yaitu kebutuhan Dunia usaha dan industri , sekolah akan senantiasa menjaga komitmen agar terjaminya lulusan dengan kriteria kesukaan Dunia usaha dan dunia industri , seperti contoh didepan yaitu kemampuan " Negosiasi ".

Contoh lain dari sekolah kejuruan  yang membuka program keahlian mekanik otomotif ringan , kerjasama membuka bengkel di depan sekolah kerjasama dengan Indomobil untuk merk Suzuki , atau merek Yamaha atau Honda , untuk menyediakan tenaga mekanik , mulai mekanik I , mekanik II dan chief Mekanik , buka tampak depan sekolah dengan dibuat brand " Sekolah Teknik X , Jika ingin menjadi pengusaha otomotiv sekolahlah disini , pasang gambar pengusaha terkenal dan tulisannya disebelahnya , iklankan di internet ,buat seo untuk iklan tersebut , sehingga mudah dicari mesin pencari semacam google.

Yang paling penting adalah adanya nilai pembeda , dan nilai ini harus disadari untuk kemajuan sekolah sehingga tidak ada seorang pun disekolah tersebut yang tidak setuju , buat mereka komitmen yang tinggi sehingga team sukses sekolah bisa bekerja dengan sebaik baiknya tanpa adanya yang merecoki kegiatan tersebut , karena muaranya adalah untuk kelangsungan sekolah dan kesejahteraan semua warga sekolah ... Semoga ada manfaatnya untuk kita semua... Amin        

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar