"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Selasa, 09 April 2013

Indahnya berbuat baik

Saudaraku yang di Rahmati Allah, Sebagai manusia biasa hendaknya kita senantiasa belajar dari pengalaman hidup kita , tindakan apa yang kita lakukan yang berbuah kebaikan dan tindakan apa yang berbuah keburukan. Kita belajar dari pengalaman agar hidup kita semakin hari kualitasnya semakin baik. karena menaurut hadist Nabi mengatakan " Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin " ,karena jika kita melakukan perbuatan dengan kualitas yang lebih rendah daripada hari kemarin artinya kita melakukan kulaitas yang semakin menurun.

Kali ini saya akan membahas tentang kebaikan . Perbuatan baik seperti sebuah ladang pertanian yang subur semakin kita tanami semakin besar hasil panennya.
Man jaa,a bilhasanati falahu' asyru amtsaliha wa man jaa,a bissayylati falaa yulzaa illa mitslahaa wahum laa yuzlamuuna. " Barangsiapa yang membawa amal baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat  maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikit pun tidak dianiaya ( dirugikan) " ( QS : 6: Al An'am :160)

Maka oleh karena itu Jadikan kebaikan sebagai agenda penting dalam hidup anda.Maka sebagian besar hidup anda akan dipenuhi dengan kebaikan , karena setiap satu kebaikan mendapatkan nilai keuntungan  sepuluh  kali lipat. Tanamkan satu biji , maka anda akan memetik buah dari setiap tangkainya. Dan biarkan keburukan berlalu tanpa agenda, karena kejadian yang terjadi tanpa rencana hanyalah kebetulan dan itu hanya sedikit.

Dari keterangan diatas jelas , bahwa apapun tindakan kita berupa kebaikan, pasti dibalas oleh  Sang Khalik. Oleh karena itu mengapa kita tidak membudayakn berbuat baik walaupun hanya sedikit.
Wa intaku hasanatan yudhaa,i'fhaa wa yu'ti min ladunhu ajran a'dhiman , " Dan jika kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipatgandakan dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar". ( QS : 4 : An Nisa : 40)

Penghargaan allah begitu besar kepada Anda yang berbuat kebajikan meskipun hanya sebesar zarrah. Ikutilah tuntunan Allah ini dengan menghargai setiap kebajikan sekecil apapun yang dilakukan oleh sahabat anda . Penghargaan anda bukti kecintaan anda kepada kebaikan.

Mattsalul ladzina yunfiquuna amwaalahun fii sabilillahi kamatsali habbatin anbatat sab'a sanaabila fil kullu sunbulatin mi,atu bahhatin , wallaahu yudhaa, i'fu liman yasyaa,u wallaahu waasi'un a'liimun.
"Perumpamaan ( nafkah yang dikeluarkan oleh) orang orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap tiap bulir seratus biji. allah melipat gandakan ( pahala) bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas ( karunian - Nya) lagi maha Mengetahui ". ( QS : 2 : Al Baqarah : 261)

Hanya dengan sebutir benih anda akan mendapatkan tujuh ratus buah, bahkan jika anda rajin memupuknya anda akan mendapatkan berlipat ganda seperti  apa yang dikehendaki Allah. Nafkahkan harta anda kepada mereka yang semestinya mendapatkan nafkah dari anda, lihatlah kebahagiaan mereka maka anda akan merasakan juga kebahagiaan yang serupa. tabungan anda masih cukup banyak sebayakan benih yang anda tanam dan anda dapat mengambilnya saat anda tidak  mampu lagi menanamnya.Semoga bermanfaat... amin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar