"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Kamis, 18 April 2013

Terbiasa dengan Ucapan yang baik

Saudaraku yang baik, kali ini kita bahas sedikit tentang ucapan yang baik. Banyak orang yang merasa senang dan tersanjung jika mendengar kata kata yang baik dan memberi semangat bahkan mengandung penghormatan. Tidak ada satu orangpun yang nyaman jika mendengar perkataan yang isinya menghujat dan memojokkan seseorang apalagi dengan intonasi yang keras , bak disambar geledek jika ada perkataan keras dan menyakitkan, sehingga tidak jarang orang yang kuat mendengarnya. Sehingga ada istilah diam itu emas atau ucapanmu adalah harimaumu. Semuanya berkaitan dengan ucapan.

Ada yang menyebut ucapan sebagai lafal, ujaran, tuturan atau sebutan dll , intinya yang dikatakan oleh mulut atau suara yang keluar dari mulut dalam bentuk perkataan gitu loh.

Wa quulu linnaasi husnan , " Ucapkanlah kata kata yang baik kepada manusia " ( QS : 2 : Al Baqarah  : 83 )
Pada kodratnya dari isi Alqur'an diatas jelas mensyaratkan kepada kita bahwa kita dianjurkan untuk berkata atau berucapkan yang baik baik. Jelas to , sehingga kenapa sekarang banyak orang yang mudah berkata kotor dan jorok , nah ini yang perlu dicari sebabnya, mungkin sakit fisik/jiwanya, teraniaya, atau oleh sebab sesuatu sehingga yang bersangkutan tidak mampu mengendalikan emosi sehingga keluar kata kata yang tidak senonoh atau keluar kata kata kotor.



Untuk itu sebaiknya kita mampu mengendalikan diri dan sabar setiap menghdapi permasalah kehidupan agar otak/pikiran serta hati kita terkontrol.
Anda sangat beruntung , karena banyak teman yang mengagumi anda, karena kata kata anda bagaikan obat bagi mereka yang sakit, bagaikan energi yang mampu membangkitkan semangat, bagaikan penghibur bagi mereka yang sedang bersedih. Semua orang ingin dekat dengan anda , karena anda selalu berkata baik , menghargai orang lain, menghormati yang tua dan menyayangi yang muda . Kata kata anda mempunyai kekuatan yang sangat dahsyat, bahkan orang jahatpun terkalahkan , karena kata kata yang baik yang anda ucapkan mampu menumbuhkan persahabatan.

WAqul li'ibaadii yaquulul latii hiya ahsanu ," Dan katakanlah kepada hamba hamba - Ku : Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik". ( QS : 17 : Al Isra : 53)
 Perkataan yang baik menyebarkan wangi aroma bunga, menumbuhkan energi positif, optimistis, memberikan pencerahan dalam kehidupan , mendinginkan suhu yang panas, dan mengikat tali persaudaraan . Jika itu ada pada diri anda , maka anda telah memulai kehidupan anda  dengan sukses sebelum  anda berkarya. Ucapkan kata - kata yang lebih baik dari sahabat anda maka sahabat anda akan hormat.

Laa yuhibbul jahra bissuu,i minal qawli illaa man dhulima, " Allah tidak menyukai ucapan buruk ( yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang dianiaya ". ( QS : 4 : An Nisa : 148)

Oleh karena itu cara yang paling sederhana untuk senang dengan berkata kata baik adalah dengan cara catat setiap kata kata yang dianggap menyakitkan hati anda, lalu anda simpan dan jangan pernah diucapkan kepada siapapun apalagi diucapkan kepada sahabat anda. lalu pilihlah kata kata yang bijak yang membuat hati anda senang , bahagia dan nyaman , kemudian ucapkan kata kata itu kepada siapapun yang anda temui atau kepada sahabat anda , niscaya anda nanti senantiasa ditunggu kehadirannya karena ibarat bunga yang harum baunya.

Nah para pembaca budiman, sudah jelas to ... jika anda ingin disayangi dan dihormati teman , saudara , tetangga  dan rekan kerja anda , maka haruslah senang untuk berkata atau berucap yang baik baik dan memberikan semangat serta motivasi yang membangkitkan energi positif , sehingga kehadairan anda senan tiasa ditunggu karena setiap ucapan yang anda keluarkan bermakna positif dan membhagiakan sesama , ucapan anda mengandung unsur memanusiakan manusia,... semoga ada manfaatnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar