"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Selasa, 09 April 2013

Manusia makhluk yang paling indah

Kita seyogyanya harus lah bersyukur kepada Allah SWT, karena kita ini makhluk yang sempurna seperti dalam Alqur'an : Laqad khalaqnal insaana fi ahsani taqwiimin " sesungguhnya , kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik baiknya", ( QS:95: At Tiin :4).
Kesempurnaan manusia membuatnya mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada. Selama anda mampu mengalahkan nafsunya.Anda dapat hidup di mana saja, anda dapat menemukan permata di antara bebatuan, Anda dapat menemukan emas dalam lumpur hitam, anda dapat menemukan kebahagiaan di antara pahitnya kehidupan.
Kita dilahirkan dalam kondisi tidak mengetahui apapun , alias buta , seperti dalam  surat AN Hahl : Wallaahu akhrajakum min buthuuni ummahaatikum laa ta'lamuuna syai,an waja'ala lakumus sam'a wal abshaara wal af,idata , la ' allakum tasykuruuna, " dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati , agar kamu bersyukur" ( QS :16 :An Nahl : 78).

Dulu anda buta , tidak mengetahui apapun sehingga anda menagis ketika anda pertama kali melihat dunia ini. KEmudian Allah menyempurnakan fungsi pendengaran dan penglihatan anda. Hati Anda mulai bergerak memahami kehidupan, dan kini anda telah dapat menikmati indahnya dunia. Ucapkanlah syukur anda telah begitu sempurna.

Tsumma sawwaahu wanafakha fiihi min ruuhihi, waja'ala lakumus sam'a wal absaara wal af,idata qaliilan maa tasykuruuna, " Kemudian Dia menyempurnaknnya dan meniupkan ruh( ciptaan) Nya kedalam (tubuh) nya dan Dia menjadikan pendengaran, penglihatan,dan hati bagimu, tetapi sedikit sekali kamu yang bersyukur ". ( QS : 32 : Al Sajdah : 9).
Setiap anda memiliki talenta dan itu cukup untuk bekal hidup anda. Dengan pendengaran, penglihatan, hati sanubari , akal dan pikiran. Anda dapat mengembangkannya menjadi sumber daya yang tak terbatas, anda hanya membutuhkan keyakinan, tekad yang kuat dan keuletan maka anda akan segera mendapatkan apa yang anda impikan.
Dengan hati anda dapat memahami tanda tanda kebesaran allah, dengan mata hati anda dapat melihat tanda tanda kekuasaan Allah , dengan telinga anda dapat mendengar peringatan Allah. Anda dapat terpuruk jatuh ke dalam lembah kesedihan jika anda tidak mampu menggunakan karunia Allah itu dengan baik. Bahkan dapat tersesat jika anda tidak memperdulikannya.Semoga ada manfaatnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar