"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Rabu, 24 April 2013

Tips cara mengurangi beban gaji karyawan Toko

Saudaraku yang baik , kali ini penulis akan membahas tips cara mengurangi beban gaji karyawan toko , sebenarnya cara ini merupakan cara pengalihan beban pengeluaran saja bukan pengurangan hak karyawan.
Dari pengalaman sebagai konsultan toko, penulis biasanya  bisa mempridiksikan apakah toko tersebut mampu melakukan ekstensifikasi usaha atau hanya intensifikasi usaha . Kegiatan ekstensifikasi uasaha maksudnya adalah memanfaatkan letak posisi toko apakah bisa digunakan untuk disewakan areal baik dalam maupun luar serta faktor ketinggian toko baik untuk membuka gerai titipan atau tempat pasang iklan ataupun usaha tambahan . Jika dikelola dengan jitu dan trik yang benar maka bisa jadi usaha sampingan ini bisa gede juga loh...ada kiatnya juga bagi rekan yang berminat nanti tak beri tahu rahasianya he he .... ilmu gratis deh hub emailku di wicscenter@gmail.com tolong sertakan foto lokasi toko dan ketinggiannya serta diposisi kanan kiri jalan ya ... , kemudian cara intensifikasi artinya memanfaatkan secara maksimal apa saja yang harus dikerjakan agar toko kita efisien , memanfaatkan tiap jengkal luas lantai yang kita miliki untuk bisanya dikerjasamakan dengan para penitip barang dengan cara disewakan , artinya penataan barang di tempat kita diserahkan para penitip barang atau para grosir tempat kita kulakan kalau diberi kesempatan untuk membranding produknya di toko kita mereka kebanyak mau dengan mengganti biaya per bualan sebagai sewa tempat ... he he  tips ini juga gratis kalau mau konsul ... oke.

Saudaraku , katanya ilmu harus diamalkan kepada sesama he.. he... makanya , penulis jika dimintai masukan juga nggak keberatan kok. Ok saya lanjutkan , jika semua kelebihan lokasi ditempat kita bisa kita berdayakan maka secara tidak langsung kita tidak kesulitan untuk menggaji karyawan kita , banyak cara yang bisa kita manfaatkan . adapun caranya sbb:
1. Cara Ekstensifikasi :
Jika posisi toko kita berada di pinggir jalan baik utama maupun jalan kampung , selama posisi tersebut  mudah dilihat dari muka dan pada posisi turun landai bukan turun tajam dan memiliki luas parkir yang cukup , maka potensi yang bisa dikembangkan sbb:
a. Kerjasamakan tampak muka toko kita terutama di lantai 2 untuk memasang iklan , sediakan luas sekitar 3 X 4 M , berikan kesempatan perusahaan telekomunikasi untuk membranding iklan di atas toko kita , biasanya sewanya cukup besar apalagi di posisi tanjakan atau turunan lokasi toko kita , dana dari sewa ini kita kelola khusus untuk pengganti gaji karyawan toko kita , kalau bisa selama mungkin, artinya selama iklan masih berada di tempat kita maka kita tidak perlu memikirkan pos gaji karyawan toko kita.
Cara kedua ,setiap jengkal luas parkiran atau sisa halaman toko kita yang penting dalam jangkauan atap toko kita , maka dilokasi inilah bisa menjadi sumber tambahan penghasilan , misal pusat jajanan pasar sediakan beberapa gerai , kerjasama dengan penyedia jajanan pasar yang sudah dikenal di pasar,  kerjasama bagi hasil dibuat , mereka yang menyediakan barang kita yang menerima pembayaran buat sistem kupon tiap kupan dihargai semua serba Rp 1500,00 , sediakan beraneka kue.

Cara ketiga : buka kerjasama gerai misal gerai Beraneka rasa Jus buah , Gerai Gorengan , Gerai Roti bakar , Gerai Bakmi Jawa , Gerai HP second dan beberapa gerai yang memungkinkan dikerjasamakan , berupa bagi hasil kebanyakan mereka mau.Sediakan juga kamar mandi / wc  untuk keperluan kebelakang , penghasilan dari semua ini juga bisa untuk menutup gaji karyawan toko kita , tugas kita hanyalah memperkenalkan kekhalayak masyarakat kalau perlu iklan radio , brosur , famplet , iklan di internet yang gratis .

2. Cara Intensifikasi Toko
Jika lokasi toko kita strategis dan barang yang kita jual juga diminati masyarakat , maka saatnya kita manfaatkan lokasi toko kita menjadi sumber penghasilan tambahan toko kita caranya sbb:
1. Sesuaikan dengan barang yang kita jual ,misal Tas sekolah buat kerjasama penjualan dengan pembuat tas yang bermerk untuk melakukan optimasi penjualan , dengan jalan beri kesempatan kepada mereka untuk membranding toko kita agar menarik dikunjungi biasanya mereka memiliki team branding display toko, buat MOU untuk sewa lokasi di toko kita , kita tidak boleh membatasi hanya satu pendisplay tetapi jika barangnya boleh beda maka manfaatkan juga perbedaan produk itu untuk MOU dengan prinsipal produk yg lain , jadi semua luas lantai di toko kita kita sewakan branding , sehingga setiap bulan kita memperoleh sewa tempat jumlahnya lumayan untuk menutup biaya gaji karyawan toko kita.Biasanya harga ada perbedaan jika dimuka dan di posisi belakang ada tarip sewa yang berbeda, ini harus kita sadari sehingga kita bisa menjadi mitra , dan yang paling menarik toko kita selalu dalam pengamatan dan selalu dibersihan produknya dari tenaga mereka.

Jika saudara masih belum bisa mencerna apa yang saya tulis bisa konsultasikan lewat email saya diatas untuk saya berikan pencerahan lanjutan... gratis deh ... Sudah dulu ya semoga ada manfaatnya jika belum jelas bisa komunikasi lewat email saya diatas selamat beraktifitas !

1 komentar:

  1. Trims pa infonya tapi bagaimana cara mengundang supaya product itu menyewa saya harus menghubunginya kemana ya...? mohon infonya sebelumnya saya ucapkan 1000x trima kasih

    BalasHapus