"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Kamis, 25 April 2013

Tips pengelolaan hotel yang efisien

Para Pembaca yang budiman , untuk mengelola sebuah hotel tidaklah mudah terutama jika pengelolaan hotel berbintang. Sebuah hotel berbintang memiliki aturan tersendiri dan pengelolaan hotel harus mengikuti aturan Internasional misalnya dari asosiasi Hotel Indonesia ( PHRI ) dan AHRA .

Sebuah hotel yang dikelola dengan baik ditandai dengan :
1. Tingkat hunian rata rata per malam 80%
2. Memiliki Jaringan Pemasaran Internasional
3. Tamu yang bermalam rata rata sudah pernah menginap di hotel tersebut
4. Menjadi rujukan bagi para pejabat untuk memasukan tamunya ke hotel tersebut
5. Dalam waktu 1- 2 tahun tidak terjadi pengurangan pegawai dan kalau perlu menambah pegawai baru.
6. Seringnya melakukan kegiatan sosial /ada dana sosial dan dana pendidikan bagi karyawan.
7. Menerapkan reward & punishment bagi karyawan
8.  Sistem marketing hotel telah menggunakan sistem jaringan Internet dan jaringan kerjasama dengan asosiasi penyelenggara tour & travel .
9. Ada jaminan pensiun bagi karyawan / jamsostek
10. Ada jaminan kesehatan bagi karyawan hotel

Dari pengalaman penulis sebagai konsultan , ada bagian hotel yang perlu mendapat perhatian , agar tidak terjadi pemborosan biaya :
1. Bagian Store Room yang menyediakan pernak pernik kamar , sprei , bantal, selimut serta perlengkapan bak mandi, tolong dibuat adminsitrasi yang tertib dan rapi , gunakan sistem pencatatan model Fifo ( yang masuk pertama digunakan lebih dahulu).Bagian store room ini bagian paling rawan , karena itu tertib pengadaaan dan pemakaian alat ini harus sering dicek.Misalnya penggatian sprei setiap habis pakai kamar diikuti permintaan sprei baru dan pencucian sprei lama , pencatatan pemakaian sabun dan pengharum dengan takaran yang pas perlu dilaksanakan dengan tertib, oleh karena itu perhitungan harga pokok sprei perlu dihitung dengan hati hati. Penggunaan sabun dan odol serta pemakaian handuk juga harus dibuat perhitungan yang benar , karena jumlahnya cukup besar maka haruslah dicermati penggunaannya jika di akumulasi dalam 1 tahun bisa besar nilainya.

2. Bagian F & B , jika hotel memiliki kegiatan F& B maka haruslah dihitung harga pokoknya dengan sangat hati - hati dan harus benar yang mencerminkan efisiensi kerja , Karena bagian F& B inilah kerap menjadi sumber permainan.Komponen campuran minuman dan komponen Harga Pokok  untuk jenis makanan harus dibuat dengan teliti dan harus menjadi pedoman bagi pekerja bagian ini.
Jika bagian F&B ini lancar dan tidak terjadi penyalah gunaan wewenang serta manipulasi maka , hotel tersebut akan mudah menghitung harga pokoknya sebuah kamar hotel.

3. Untuk tarip kamar hotel dan besaran pendapatan hotel dari berapa jumlah kamar yang dihuni kali tarip ,mudah untuk di analisa ,sehingga bagi pengelola hotel pekerjaan yang cukup berat adalah mengawasi kedua kegiatan diatas yaitu Store room dan F&B , bagian yang lebih mudah.

4. Bagian Marketing hotel , bagian ini adalah bagian yang tugasnya menjamin adanya  kedatangan tamu hotel , sehingga tingkat hunian hotel tetap terjaga minimal 80 % kamar penuh, sehingga biasanya bagian ini memiliki anggaran yang cukup besar , tetapi jika dalam tahun pertama sudah menunjukkan kinerja yang cukup baik , maka akan mudah menjadi patokan penyusunan anggaran dalam tahun yang akan datang , sehingga tarip kamar hotel sudah termasuk ada komponen biaya marketingnya , tingkat kecermatan perhitungan tarip hotel sangat menentukan profit tahun berjalan , sehingga harus dibuat perhitungan yang sangat teliti , salah satu komponen perhitungan tarip kamar hotel adalah sbb:
1. Adanya komponen perhitungan pembangunan kamar untuk masa pakainya ( umur ekonomis kamar)
2. adanya komponen biaya penyusutan kamar
3. adanya komponen perawatan kamar
4. adanya komponen biaya administrasi kamar
5. adanya komponen biaya tenaga kerja
6. adanya komponen promosi atau marketing
7. adanya komponen biaya pendirian hotel , jika komponen biaya dia amortisasikan ( dibebankan untuk bebrapa tahun)
8. adanya komponen biaya asosiasi Hotel per tahunnya
9. adanya komponen biaya administrasi & umum hotel yang sudah dibuat rata rata per tahunnya

Nah jika sudah mencakup itu semua maka tarip kamar yang kita tetapkan menjadikan pendapatan yang diperoleh mendukung semua pengeluaran hotel , sehingga jumlah pendapatan dan biaya yang akan dikeluarkan akan mudah dihitung.

Sekali lagi bagi para pengelo hotel , haruslah di perhitungkan ada cadangan biaya tak terduga yang besarannya kadang kadang cukup besar, sehingga perlu juga diperhitungkan dalam komponen harga pokok tarip kamar., demikian sekelumit kecil gambaran pengelolaan hotel ,semoga bagi siapa saja yang diberi amanah untuk menjadi pemimpin atau manajer sebuah hotel , jalankan dengan penuh amanah dan jadikan sebagai ladang amal , insya Allah akan diridhoi Allah SWT setiap langkah kita .. amin ... semoga ada manfaatnya 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar