"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Sabtu, 20 April 2013

Perjuangan tanpa tawakal akan menemui kegagalan

Saudaraku yang baik, dalam menjalani kehidupan ini tentunya harus memiliki tujuan yang jelas dan terarah. Mengapa harus punya tujuan dan arah yang jelas karena untuk mengukur sampai sejauh mana proses kehidupan yang kita jalankan benar atau tidak. Karena Allah SWT sangat suka pada proses bukan pada hasil . Karena jika proses yang dijalankan sesuai aturan dan petunjuk Allah maka Allah akan campur tangan berupa barokah dan karomah dan bukan sebaliknya yaitu campur tangan berupa siksa dan kesulitan.

Saudaraku yang baik, proses kehidupan yang kita jalani semakin hari semakin sulit kita jalani , banyak kita temui liku liku , turuan dan tanjakan serta belokan belokan yang curam lagi adanya jurang di kanan kiri , sehingga kalau tidak hati hati kita bisa jatuh ke jurang kenistaan. Oleh karena itu ada syarat yang perlu saudara kita ketahui yaitu setelah kita berjuang dan berusaha maka kita harus tawakal kepada Allah SWT.

Wa man yatawakkal 'alillahi fahuwa hasbuhu , " Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah , niscaya Allah akan mencukupkan ( keperluannya)". ( QS : 65 : Al Thalaq : 3)

Dari keterangan diatas jelas kita diwajibkan untuk berusaha dan berikhtiar  dan ini hukumnya wajib dijalankan sedangkan Allah yang menentukan hasilnya, tidak selamanya hasil itu seperti apa yang anda inginkan, kadang kadang menerima kenyataan pahit. Jika kita terus larut dalam kesedihan karena kegagalan maka anda akan terus menghadapi persoalan . maka Berserah dirilah atau tawakallah kepada Allah maka Allah akan memberikan jalan keluar dan kecukupan.

Fa idzaa ' azamta fatawakkal ' alallaahi, innallaaha yuhibul mutawakkiliina, " Kemudioan apabila telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah, Sesungguhnya Allah menyukai orang orang yang bertawakal kepada- Nya .( QS : 3 : Ali Imran : 159)



Saudaraku yang baik, tidak ada yang bisa menjamin keberhasilan sebuah rencana, karenanya sering muncul keragu raguan meskipun kita telah membuat rencana kerja yang matang. Jika dalam proses menghadapai kehidupan ini kita penuh dengan keragu raguan , maka bisa dipastikan rencana yang anda buat tidak pernah menjadai kenyataan . Untuk itu bulatkan tekad kuatkan niat dan seraya tawakkal kepada Allah SWT , agar Allah senantiasa campur tangan untuk menyelesaikan segala permasalah kita. laa hawla walaa quwata illaa billahil ' aliyil ' azhiim , tiada daya dan upaya kecuali kekuatan Allah semata.

Wa lillaahi ghaybussamaawaati wal ardhi wa liayhi yurja'ul umuru kulluhu, fa'budhu wa tawakkal 'alaihi, wamaa rabbuka bighaafilin ' ammaa ta'maluuna." Dan kepunyaan Allah - lah apa yang ghaib di langit dan di bumi dan kepada-Nya lah dikembalikan urusan urusan semuanya, maka sembahlah Dia, dan bertawakkallah kepada-Nya . Dan sekali kali Tuhan -mu tidak lalai dari apa yang kamu kerjakan ". ( QS : 11 : Huud : 123)

Ada yang rahasia dikehidupan ini . Logika kita mengatakan bahwa upaya kita telah maksimal , segala aspek telah diperhitungkan dengan matang tetapi terjadi kegagalan. Itulah rahasia Allah yang tidak anda ketahui. Yang pasti upaya anda tidak sia sia , Allah akan memberikan waktu yang tepat selama anda berupaya dan bertawakal kepadanya tanpa keraguan sedikitpun..... Semoga ada manfaatnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar