"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Sabtu, 27 April 2013

Sedekah adalah tempat menabung yang paling aman

Saudaraku yang di Rahmati Allah, menurut Ibnu Mas'ud tempat menabung yang paling aman dari gangguan penjahat adalah dengan melakukan Sedekah.
Sedekah itu dapat menghindarkan dari balaq atau cobaan hidup, sehingga orang sering melakukan sedekah akan terhindar dari balaq.
Mengapa kita masih enggan untuk melakukan sedekah, nah inilah yang harus kita hilangkah , karena pusatnya ada di hati kita , jika hati kita masih sering diselimuti mendung , iri, dengki hasut dan penyakit hati yang lain , niscaya keinginan untuk melakukan kegiatan sedekah masih sulit terwujud.

Khudz min amwaalihim shadaqatan tuthahhiruhum wa tuzakkihim bihaa, " Ambilah sebagian dari harta mereka sebagai sedekah, untuk membersihkan dan mensucikan mereka ". (QS : 9 : At Taubah : 103 )
Dalam harta yang kita miliki ada hak orang lain , keluarkan sebagian yang kecil dan simpan sebagian yang besar. Sebenarnya yang kita anggap sebagai karya kita sebenarnya kita melibatkan banyak orang ,sehingga sadar atau tidak kita sering melakukan kekeliruan dan dan kealpaan ,karena kita tidak bisa hidup sendiri , kita senantiaasa butuh sapaan orang lain , sehingga jika kita mengeluarkan harta  yang kita miliki untuk membersihkan kotoran yang melekat agar bersih dan suci kan tidak ada salahnya, karena hidup kita akan menjadi tenteram dan nyaman.

Wa maa anfaqtum min syay, in fahuwa yukhlifuhu , wahuwa khayrur raaziqiina, " Dan apa saja yang kamu sedeekahkan , maka Allah akan menggantinya dan Dia lah pemberi rejeki  yang sebaik baiknya ". (QS : 34 : Saba' : 39 )
Kita harus yakin bahwa yang kita sedekahkan akan diganti oleh Allah dengan yang lebih baik dan lebih banyak , sehingga kita tak perlu ragu ragu karena kebaikan anda adalah tabungan , sehingga jika anda menabung yang paling aman adalah bersedekahlah.

Lan tanaalul birra hattaa tunfiquu mimma tuhibbuuna," kamu sekali kali tidak sampai kepada kebajikan ( yang sempurna ) sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai ". ( QS : 3 : Ali Imran : 92)

Saudaraku , kebahagian yang sempurna tidak berharap sesuatu apapun, sehingga jika teman atau sahabat anda tidak membalas kebaikan anda maka anda tidak marah karena dihadapan allah kebaikan anda tidak sia sia. Anda tidak akan keberatan jika allah memerintahkan anda untuk mengeluarkan sebagian harta yang paling anda cintai demi Dzat Yang Maha Mencintai dan Dicintai . Harta anda akan lenyap sedangkan cinta Allah abadi dan sejati.

Anfiquu min thayyibaati maa kasabtum, " Bersedekahlah dari usahamu yang baik ( halal ) ". ( QS : 2 : Al Baqarah : 267)
BErikan nafkah yang terbaik dari usaha anda , maka anda akan mendapatkan yang terbaik dalam kehidupan anda . Bahkan allah akan memberikan yang lebih baik dari apa yang anda nafkahkan , raihlah kebahagiaan dengan membahagiakan orang lain . Raihlah kesenangan dengan menyenangkan orang lain. Rosullullah paling senang dengan yang bernilai , orang yang baik , orang yang sebesar besarnya bermanfaat bagi orang lain ..... semoga ada manfaatnya    

1 komentar: