"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Jumat, 26 April 2013

3 Sumber kekuatan manusia yang berasal dari Allah SWT

Para sahabat yang berbahagia, sebagai manusia biasa yang penuh dengan kekurangan tentunya kita selalu melakukan introspeksi diri tentang kekurangan ini agar derajat ketaqwaan kita senantiasa terjaga. Karena Allah SWT sangat menyukai orang orang yang taqwa.Inna akramakum ' indallaahi atqaakum , innallaaha 'aliimun khabiirun "Sesungguhnya orang yang paling mulia d antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu,. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal ".  QS : 49 : Al Hujurat : 13 )

Saudaraku, kita sebaiknya menyadari bahwa tanpa pertolongan Allah kita tidak ada apa apanya. Seperti tertulisa dalam Alqur'an ; Wakhuliqal insaana dha'iifan " Dan manusia diciptakan dalam keadaan lemah " ( QS : 4 : An Nisa'  : 28 ).
Saudaraku , jika kita ingat apa saja yang sudah kita lakukan maka terbayang, efektif atau tidak waktu yang telah kita gunakan, kalau kita setiap hari tidur selama 8 jam , itu artinya sepertiga umur kita,  kita gunakan untuk tidur, itu artinya kita tidak sadar diri selama sepertiga umur kita , kita lewati tanpa sadar.
Artinya sebenarnya dari soal waktu saja kita sudah jelas dalam posisi yang lemah, karena kita jelas butuh waktu istirahat.

Saudaraku , lalu apa yang harus kita lakukan  agar kita bisa menjadi kuat ?
Ternyata untuk menjadi kuat ada 3 cara :
1. Cara pertama adalah kita harus mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuat yaitu Allah SWT dengan menyertakanNya dalam segala aktivitas kita.
Cara ini jelas sangat efektif , karena tanpa penyertaanya kita bukan apa apa , alias lemah, sehingga jika kita menyertakan segala urusan kita kepada Allah niscaya segala urusan kita menjadi mudah , terang dan barokah.Oleh karena itu kita harus mantap dan tawadhu kepada Allah jangan sampai kita punya keraguan sedikitpun dalam menjalani kehidupan ini.

2. Cara kedua Kembangkan potensi diri semaksimal mungkin , masing masing dari diri kita diberi bakat dan kemampuan yang berbeda beda , dan jika kita sudah mengetahui potensi yang kita miliki hendaklah kembangkan potensi tersebut semaksimal mungkin , kalau perlu minta petunjuk kepada ahlinya sehingga segala potensi tersebut menjadi riil untuk dikembangkan yang penting orientasinya adalah fastabiqul khoirot berlomba lomba meuju kebaikan , sehingga waktu dan tenaga kita kita gunakan yang bernilai ibadah.

3. Cata ke Tiga adalah  tawakal kepada Allah , segala yang kita jalankan dengan kesungguhan hati serta selalu meminta Rahmat Allah , sehingga urusan kita serahkan kepada Allah SWT tanpa memilik keraguan sedikitpun tentang hasilnya , karena hasrat &keyakinan yang menyala menimbulkan keajaiban , oleh karena itu kita harus tawakal dan yakin akan keterlibatan Allah dalam menjalani kehidupan kita , karena jika kita tawakal kepada Allah kita kan menjadi kuat dan luar biasa karena kita menggunakan pikiran positif.

Saudaraku, setelah kita melakukan ke tiga cara diatas , kita serahkan hasilnya dan penilaian Allah kepada kita, semoga kita digolongkan manusia yang tahu diri dan bernilai dihadapan Allah , kita memang manusia yang lemah tetapi bernilai dihadap Allah SWT........ Semoga ada manfaatnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar