"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Rabu, 08 September 2010

Jadilah anak yang berbakti kepada orang tua


Sabda Nabi SAW " Berbaktilah kalian kepada orang tua kalian , niscaya anak anak kalian akan berbakti kepada kalian, peliharalah kesucian diri kalian , niscaya istri istri kalian akan memelihara kesucian diri mereka" ( HR Thabarani & Hakim)
Saya masih ingat sewaktu kecil sekitar seumuran kelas 5 SD, saya melakukan hal hal yang sering dilakukan oleh seorang dewasa,ketika itu aku sering membantu ibu mengangkat beras seberat 30 Kg , setiap bulan sehabis belanja keperluan rumah tangga bulanan, setiap hari melakukan kegiatan menyapu rumah , memcuci pakaian ku sendiri, mengasuh adik adik , aku punya adik 3 , 2 laki laki dan 1 perempuan dan punya kakak laki laki 1 jadi jumlah semua ada 5 anak , kegiatan rutin yang aku lakukan ini ternyata menjadikan aku sampai sekarang menjadi orang yang suka bekerja , tidak mudah capai dan sering melakukan kegiatan apa saja untuk menyenangkan orang lain , salah satu yang sering menjadi perhatian tetangga adalah kegiatan setiap sore aku menyapu halaman sekitar rumah dimana halaman ini juga dipergunakan oleh tetangga sekitar rumah , ini saya lakukan setiap hari semenjak SMP sampai lulus SMA , ternyata apa yang aku lakukan menjadikan tetangga menjadi tergantung sama aku, ini ditandai dari celotehan tetangga kepada ibuku dia bilang Bude sekarang tidak ada yang suka nyapu halaman lagi semenjak mas Kunto kuliah .. wah gimana ini, ternyata secara tidak langsung apa yang aku lakukan menjadikan mereka menilai bahwa aku anak yang penurut dan berbakti kepada orang tua , memang aneh tetanggaku ini setiap teman teman sekolahku main kerumah dia seolah olah ikut memikirkan gimana agar teman temanku betah dengan menyediakan makanan atau minuman kepada temanku dan bahkan setiap musim buah dan ada di sekitar rumahku maka dia akan segera mengambilkan untuk diberikan kepada teman temanku .. inilah yang saya rasakan suatu karomah dari Allah SWT.
Jadi betul sekali untuk pengalaman teman teman semua jika kita punya anak yang berbakti kepada kita niscaya Allah akan memberikan kemudahan kepada anak kita, karena anak yang berbakti sangat disayang Allah , Allah akan ridho kepada keluarga yang mempunyai anak yang sholeh dan berbakti kepada orang tuanya , niscaya apa yang menjadi harapan atau cita cita anak tersebut akan diberikan kemudahan. Banyak pengalaman menunjukkan banyak anak sholeh muncul tidak selalu ada pada keluarga yang tekun beribadah tetapi bahkan munculnya dari keluarga yang kurang tekun beribadah , hal ini dikarenakan Allah memberikan suatu peringatan lewat anaknya, sehingga orang tua yang paham terhadap tanda tanda zaman atau paham terhadap situasi yang ada disekitar seyogyanya segera kembali kepada tuntutunan Allah SWT agar segera taubat untuk kembali kejalan Allah yaitu jalan yang diridhoi Allah sehingga tidak terlalu jauh menyimpang .Berbahagialah kita jika diantara anak anak kita terdapat tanda tanda mereka menjadi anak yang berbakti, sehingga senantiasa bersyukur kepadaNya, sehingga kenikmatan ini akan berlangsung lama karena kita memahami bahwa Allah SWT begitu sayang kepada kita sehingga memberikan nikmat dengan adanya anak kita menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada kita.
Yang menarik lagi dari pengalaman adalah mudahnya untuk mencari pekerjaan setelah lulus kuliah, saya termasuk anak yang suka mencari tambahan pendapatan atau sambenan , semasa kuliah aku sering mencari tambahan kursus antar lain , kursus anggrek, kursus masak, kursus potographi, kursus terapi ala china, kursus tenaga dalam ,kursus komputer, kursus design pertamanan dll, sehingga kegiatan yang aku lakukan ternyata bisa juga menghasilkan duwit alias bisa memiliki duwit sendiri tidak tergantung dari pemberian orang tua.dari pengalaman ini menjadikan kita suka melakukan kegiatan yang bersifat bisnis misal pertanian , perdagangan, dan peternakan , semua pernah aku lakukan tujuannya adalah untuk membantu meringankan orang tua agar biaya kuliah tidak terlalu mahal.
Mengapa ini saya sampaikan tujuannya adalah agar kita bisa mendidik anak kita menjadi sesuai harapan kita sehingga secara tidak langsung menjadi turunan kita , kalau kita bisa dagang maka anak kita juga bisa dagang.
Bukanlah saya sudah menjadi orang baik tetapi yang aku lakukan ternyata menjadi pedoman adik dan kakaku, dia bilang bahwa saya bisa mengatasi permasalah kehidupan , tetapi sampai saat ini saya masih ingin lebih sukses lagi agar bisa menjadi kebanggan ibu saya. Masih banyak yang harus aku lakukan agar dimasa depan lebih bisa sukses mengatasi permasalah kehidupan ini paling tidak ada sumbangan untuk kemajuan bangsa dan negara dibidang yang aku geluti yaitu bidang pendidikan dan bisnis waluapun masih dalam skala mikro.
Ini semua karena saya termasuk suka bekerja dan melaksanakan amanat orang tua dimanapun berada haruslah punya nilai atau berprestasi terutama bidang yang kamu kuasai nak kata ayahku , semua kalau ditekuni pasti ada hasilnya.
Demikian sekedar mengingatkan kepada teman teman dan saudara agar sebisa mungkin menjadi anak yang berbakti kepada orang tua sehingga jalan kemudahan senantiasa terhampar dan selalu diberi kemudahan oleh Allah SWT,"Tidaklah seorang muslim memiliki dua orang tua muslim,( kemudian ) dia berbakti kepada keduanya karena mengharap ridho Allah, kecuali Allah akan membukakan dua pintu surga untuknya, Jika dia hanya berbakti kepada satu orang tua saja, maka pintu yang dibukakan untuknya pun hanya satu,. Jika salah satu dari keduanya marah,mka Allah tidak akan meridhoi sang anak sampaiorang tuanya meridhoinya " Ditanyakan kepada Ibnu Abbas :" Sekalipun keduanya menzhaliminya? " Ibnu Abbas menjawab :" Sekalipun keduanya telah menzhaliminya", maka jadilah anak yang menjadi kebanggaan orang tua beliau ridho kepada kita ... semoga ada manfaatnya.

1 komentar: