"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Jumat, 02 April 2010

Rahasia Kehidupan suatu kajian

Hidup ini kalau dijalani dengan ihklas akan banyak menemui kejadian yang tidak terduga dan diluar pemikiran manusia , karena dengan keterbatasan daya nalar manusia sering kali ketemu hal hal yang unik dan menarik dan bahkan kejadian yang memelas yang dapat menguras air mata .
Sering kali kita membuat perencaan dalam hidup ini akan dikemanakan arah kehidupan kita , kita seringkali telah membuat perencanaan yang pelik dan terperinci , namun sering kali juga perencaan itu tidakpernah terwujud karena hidup memang penuh rahasia .
Untuk memperjelas ulasan saya ini saya akan menceritakan sesuatu yang menimpa saya ini , pada suatu sore saat saya santai didepan rumah sehabis mengajar penuh seharian , saya didatangi seseorang yang telah berumur / kakek kakek , dia mengucapkan sebuah sapaan " Sugeng Sonten Mas Guru ? ; sugeng sonten mbah jawabku , tumben mbah kerso rawuh mriki ? ; yo mlaku mlaku mas Guru ; ngene mas , sowanku arep nyuwun tulung mas guru ; nyuwun tulung menopo mbah ? aku arep adol lemahku je ; mbok dipundut mas guru wae....? ; wah mboten gadah duwit mbah ; namun ada sesuatu yang menuntun aku untuk tahu lebih banyak tentang tanah tersebut ; terus aku tanya luasnya berapa mbah ? semua 4250 M2 , inggih mbah tak bantu , berapa per M2 nya mbah ? dia jawab saking kulo 25.000,00 , tak pikir kok murah banget ,langsung aku punya pikiran bentuknya mesti tidak datar , ternyata setelah aku lihat terbukti kalau tidak datar dan tidak ada jalan masuk kelokasi , dengan bimbingan Allah atau mungkin sudah pulungku kalau orang Jawa bilang , maka aku menyanggupi untuk menjualkan dengan caraku , langsung malam itu aku kerja lembur menggambar lokasi tanah dengan komputer dan langsung aku bagi 8 kapling , aku telah punya strategi yang jitu jalan masuknya aku nego dengan pemilik tanah yang diatasnya , aku bilang aku minta 28 M untuk jalan dan aku ganti 5 kali lipat dari luas tanah yang aku minta dan langsung penggatian tanah jalan aku potongkan dengan lusa tanah yang 4250M tersebut , dan akhirnya problem jalan sudah tidak masalah, karena aku tidak pengalaman mengkapling tanah maka aku cuma membagi tanah jadi 8 bagian sedangkan jalan yang mikir pembeli kapling tersebut 2 meter dari pemilik kapling kiri dan 2 meter daripemilik kapling kanan , sehingga total jalan terbentuk 4 M semua yang mikir pembeli , akhirnya dalam waktu 2 minggu telah habis dan keuntungan yang aku peroleh 18Juta uang tunai dan tanah sisa 600M , inilah awal aku memperoleh rejeki besar dari Allah SWT yang tidak terduga duga sama sekali , mulailah aku berfikir bahwa barang kali rejeki dari penjualan tanah adalah hoki ku atau keberuntunganku , setelah aku ingat ingat ternyata rejeki ini berawal dari rasa ihklasku menerima pembagian warisan penjualan rumah yang ada di Pemalang ,aku menerima jumlah yang paling sedikit dari saudara saudaraku , tetapi aku tetap ikhlas dan bersyukur dan uang sejumlah Rp 500.000,00 itu aku tabung dan ada niat harus kembali dalam wujud tanah atau rumah lagi , kenyataan yang terjadi uang tersebut berkembang dengan aku telah menerima tambahan yang cukup berarti total setelah tanah aku jual menjadi Rp 43.000.000,00 jumlah yang tidak terduga sama sekali , mulailah aku membeli tanah seluas 1700 M , dan aku kapling lagi dalam waktu 4 bulan habis dan aku memiliki modal yang cukup ... Alhamdulillah , inilah sekelumit cerita yang dapat menjadi pelajaran berharga untuk kita bahwa dengan hati iklhas dan tawakal segala sesuatu memang telah digariskan oleh Allah kemana arah kehidupan kita akan terbawa , hanya yang perlu diwaspadai adalah godaan yang ada besar sekali sampai sampai bisa menggoyahkan iman kita , kita dicobai dengan tawaran bank bahwa mau membiayai dana besar jika mau berbisnis dengan level yang gede , namun kita harus tau bahwa tidak semua bisnis besar memperoleh untung besar , dari pengalamanku ternyata kita aku hanya cocok yang levelnya kecil yaitu berkisar modal 400 jutaan , tidak lebih , karena dari yang aku jalankan yang kecil jika dikelola profesional akan mendatangkan untung yang lumayan besar , kuncinya adalah tetap minta petunjuk Allah SWT dan ikhlas menjalaninya , cerita tersebut sekelumit perjalananku bisnis property , intinya rejeki dan Rahmat Allah yang paling menonjol , sedangkan faktor manusia dengan sepak terjangnya hanyalah menjalani kehidupan yang penuh rahasia , sehingga kesimpulannya adalah jalani hidup ini dengan gembira dan tidak boleh putus asa , niscaya bagi yang lagi punya masalah pasti adalah jalan keluarnya karena janji Allah bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan artinya bahwa semua masalah kehidupan pasti ada jalan keluarnya tergantung manusia nya bagaimana cara mengatasi masalahnya apakah dengan dengan format keimanan atau dengan format nafsu keduniawian , kita harus tetap tawakal terhadap semua yang terjadi dalam hidup ini ,karena semua adalah rahasia Allah , sebagai makhluk beragama kita harus menyandarkan diri kepada Allah SWT yang memiliki hidup kita .... semoga ada manfaatnya tulisan saya ini.