"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Jumat, 15 Februari 2013

Trik Mengukur Analisa Pesaing Usaha dan kekuatan pesaing

Sebelum melakukan pemilihan jenis usaha hendaknya kita melakukan riset terlebih dahulu ,Riset tentang apa saja seyogyanya yang harus kita lakukan? , minimal ada dua hal yang harus dilakukan :
1.a. Melihat siapa saja yang bermain di sektor bisnis yang kita pilih
   b. Sampai sejauhmana area yang dikuasainya
2. Melihat kekuatan permodalan pesaing


Seorang pebisnis yang menggunakan kemampuan otak kanannya tentu saja langsung terjun usaha hanya menggunakan insting bisnisnya , namun jika didukung dengan riset tentang kedua hal tersebut diatas maka akan lain hasilnya , artinya dalam proses membangun usaha menggunakan kemampuan otak kanan sedangkan dalam mengelola usahanya menggunakan kemampuan otak kiri.
Jika otak kanan lebih dulu berperan maka penggunaan otak kiri bisa langsung mengikuti , tetapi sebaliknya jika otak kiri bermain terlebih dahulu maka otak kanan tidak mau mengikuti. Nah sebagai seorang pengusaha yang mempunyai sifat berani menanggung resiko maka otak kanan pastilah berperan aktif untuk mewujudkan usahanya tersebut.

Teman teman pembaca yang budiman, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan kedua hal tersebut diatas dan alat yang dipakai untuk mengukur kedua hal tersebut.
Untuk mengetahui siapa yang bermain di bisnis yang kita pilih tersebut dan sejauhmana area atau daerah pesaingnya, kita gunakan fasilitas program yang namanya Alexa.com , caranya sbb:
Masuk ke google.com , ketik alexa.com , doble clik , sampai muncul isian sbb:
ketik jenis usaha yang jadi pilihan anda misal jualan baju muslim, nanti hasilnya akan tampil beberapa alamat pesaing yang melakukan bisnis baju muslim dan dari daerah mana dia berasal .
Setelah mengetahui pesaing kita , tentu saja kita bisa lihat dalam menjalankan usaha on line nya dia menggunakan keyword apa saja , coba dicek dengan menggunakan google.co.id dan kecepatan masuk halaman 1 google , keyword yang dipasang minimal 4 , agar mesin google mudah mendeteksi , jika belum masuk halaman 1 google ,coba dengan keyword baru.

untuk mengukur kekuatan dari sudut permodalan , kita gunakan analisa kekuatan pesaing yang salah satunya adalah Pagerank, cara kerjanya sbb:
Masuk ke google.com , ketik pagerank checker di doble clik , sampai muncul tampilan sbb:
Ketik alamat webnya misalkan http://www.Kompas.com , dan isikan kode isian seperti tampilan sbb:
kemudian clik verify now , rentang kekuatan pesaing tidak boleh dilawan jika perbandingannya >7/10 sampai 10/10 , pokoknya pemodal kuat dengan catatan perusahaan tersebut sudah memiliki alamat web dan punya reputasi baik , jika masih dibawahnya misal 1/10 sampai 3/10 artinya  modalnya masih bisa kita saingi he he , oke sementara itu dulu ya teman , coba dicek ya , agar kita bisnis kita makin ok kedepannya setelah mengetahui kekuatan pesaing kita dan persiapan apa yang harus kita lakukan jika perusahaan kita sudah mulai ada gonjangan akibat pengaruh usaha sejenis dari pesaing kita.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar