"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Minggu, 13 Juni 2010

Belajar untuk mengatasi masalah usaha


Kesederhanaan sebagai bentuk syukur kepada Allah , aku ingin jadi orang yang senantiasa sederhana, tampilan sederhana, namun perhatian dengan penderitaan orang lain dan senantiasa ingin membantu mereka, sebenarnya banyak cara untuk membantu mereka, hanya teman teman yang sedang menghadapi masalah kadang kadang mereka tutupi dan tidak berupaya segera melepaskannya, padahal sebenarnya jika segera sadar dan segera kembali minta petunjuk kepada Allah SWT niscaya segera akan diberi jalan keluar , percaya itu !
Banyak dari kita jika punya masalah pintarnya hanya mencari kambing hitam ,padahal sumber masalah ada pada kita. Sebenarnya untuk sukses apapun usahanya ada 3 hal yang harus dipahami yaitu :
1. Menguasai ketrampilan atau istilahnya memahami secara teknis cara kerjanya , apapun usahanya jika kita memahami proses kegiatan atau proses produksi dari suatu kegiatan maka , sudah merupakan mudal utama , sering kali kita terjun disuatu usaha namun secara teknis kita belum menguasai kegiatan prosesnya sehingga dalam perjalannya jika ada masalah kita masih minta bantuan orang lain atau bahkan bingung dan malas mencari solusi , nah ini merupaka kesalahan fatal , karena tidak ada bisnis yang maju tanpa dipahami oleh pemiliknya , karena merupakan kontrol tersendiri , secara insting akan paham betul kalau ada masalah, dengan catatan kita sudah paham betul kelebihan dan kekeurangan yang terjadi di bisnis kita, sehingga siapapun saja tidak berani mencoba coba mencari peluang untuk berbuat curang.

2. Teknis manajemen , secara sadar bahwa semua jenis usaha harus melalui sistem pencatatan , mulai sistem perencanaan , sistem pelaksanaan dan kontrolnya serta sistem pemasarannya , harus jelas , komponen biaya administrasi dan tetek bengeknya serta biaya lain lain yang mendukung agar usaha tersebut tetap jalan harus dimenejen dengan baik dan benar.

3. Teknis penampilan untuk membangun image usaha kita,baik performa karyawan, pemilik serta , tampilan usaha kita harus dikelola dengan baik , karena jika tampilan kita sudah baik dan menarik maka tentu banyak pihak yang segera mengadakan kerjasama dengan kita.
jika ketiga hal sudah kita kuasai ,maka langkah kita konsentrasi pada teknis pengembangan omset dan kualitas pelayanan saja, semua tanpa dikelola secara profesional tidak mungkin bisa berjalan sesuai yang kita harapkan , yang penting dari diri kita dulu mengadakan perubahan total, proses undur kaifa selalu kita tonjolkan untuk menampik semua problem dan kesulitan yang ada.

Kita belajar dari pengalaman pengusaha sukses, ternyata kalau kita pelajari tidak ada yang datang secara tiba tiba namun selalu diawali dari kondisi kekurangan dan keterbatasan , baru setelah muncul proses undur kaifa , mereka sadar segera bangkit untuk maju. apakah kita menunggu datangnya proses undur kaifa ( nek kaya gitu aku harus bagaimana ? soory kalau ada yang tanya artinya undur kaifa !)baru melangkah berusaha , tetu saja tidak melainkan kita tetap otimis berusaha asalkan pada jalan yang benar dan berorietasi pada kemajuan dan kemaslahan banyak orang serta bermanfaat bagi orang lain.

nah oleh sebab itu jangan terlalu lama kita pusing dengan permasalah kita , namun segera bangkit untuk menjalani usaha kita yang lain dengan cara lebih baik dan jangan lupa setiap akan melangkah menapaki usaha kita harus minta ijin kepada yang bikin hidup kita alias Allah SWT , sehingga usaha kita merupakan usaha yang barokah , sehingga hanya kebaikan dan kebahagian yang akan datang pada kita .... Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar