"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Kamis, 25 Maret 2010

Bisnis Center sebagai sebuah model pembelajaran kewirausahaan

Apa Bisnis Center SMK itu ? , pertanyaan yang wajar bagi masyarakat , karena tidak semua lapisan masyarakat mengetahui bisnis center SMK , sebenarnya bisnis center dimaksudkan sebagai wadah / lembaga di sebuah SMK yang bergerak dibidang usaha bisnis berupa Grosir dan atau Retail , yang bidang usahanya adalah berdagang , yang keberadaanya dimaksudkan sebagai wadah mendidik siswanya untuk menjadi wirausaha mandiri , agar memiliki kemampuan diri dibidang perdagangan , oleh karena keberadaanya untuk mendidik berdagang maka guru atau instrukturnya adalah guru yang memiliki pengalaman berdagang/atau berusaha atau memiliki usaha dirumah atau ditempat lainnya , agar apa yang diajarkan kepada siswanya lebih merupakan pengalaman praktis selama menjadi pedagang atau wirausaha.
Yang menjadi persoalan adalah Sekolah yang bagaimana yang dapat memiliki Bisnis Center , yaitu sekolah dengan akreditasi minimal B atau sekolah yang telah bersertifikat ISO 9001-2008 dan telah dinyatakan lolos verifikasi oleh Tim Diknas Pendidikan di Propinsi Up Kabid Dikmen .Untuk Bisnis Center SMK khususnya di SMK N 2 Magelang telah menerima 2 kali bantuan yang pertama dari Direktorat Dikmenjur Sebesar Rp 250.000.000,00 dan yang kedua dari Propinsi lewat Diknas Prop jateng Up Kabid Dikmen , dari dana yang diterima telah menjadikan toko yang mulanya kecil seperti warungnya Mbah Darmo disulap menjadi sebuah Toko mendekati Jenis Retail Minimarket dengan menyediakan semua jenis kebutuhan Rumah tangga , dengantampilan seperti itu menjadikan Toko Edmart namanya lebih dikenal dilingkungan Kota dan Kabupaten Magelang , dengan perkembangan yang pasti maka dalam waktu kurang dari 1 tahun ., asset yang dimiliki Edmart telah menunjukkan perkembangan yang signifikan , sehingga banyak pihak yang telah mulai memperhitunmgkan keberadaanya ditandai dengan semakin banyaknya rekanan yang menjalin kerjasama , terutama banyaknya rekanan yang titip barang atau konsinyasi , sebuah perkembangan yang menggembirakan , namun disana sini masih perlu bantuan suport dan doa dari semua warga sekolah agar keberadaanya lebih maju dan sesuai harapan warga sekolah yaitu dapat menjadi sumber kesejahteraan bersama ... Amien,dari harapan tersebut perlu dibuat sebuah perencanaan yang baik agar harapan sesuai dengan kenyataan , untuk semua pengurus Bisnis center diharapkan peransertanya , dengan melaksanakan Job discription yang telah disampaikan lewat surat tugas , sehingga tidak akan mengenal rasa kecemburuan dari bidang bidang garapan masing masing seksi , pengurus yang baik harusnya jemput bola , bekerja bukan atas perintah namun mampu melihat kondisi , sehingga kita selalau kreatif dalam bekerja , kalau kita bekerja kreatif maka semua pihak terutama rekan kerja akan sangat menghargai peran sertanya , karena pengurus yang baik adalah pengurus yang ikut serta dalam proses membesarkan bisnis center yang memiliki brain image yang baik.Kapan bisnis center sebagai pusat kulakan atau grosir bisa terwujud , tergantung dari semua pihak yang memiliki kepentingan bersama agar bisnis center dapat maju dan dapat memrankan dirinya sebagai salah satu ikon sekolah kejuruan bisnis , karena keberadaan bisnis center dapat menjadikan daya tarik tersendiri bagi orang tua siswa dengan melihat toko atau tempat praktek pendidikan bisnisnya saja maju pesat tentu saja berdampak pada hasil lulusannya yang memiliki jiwa wirausaha mandiri , seringkali kita terlalu berharap pada hasil lulusaannya tetapi kenyataanya tidak sesuai harapan kita bersama maka upaya kita adalah menjadikan siswa kita memiliki jiwa wirausaha mandiri dengan mental yang kuat dan tahan uji, yang meiliki mental prigel dalam istilah Jawanya dalam menghadapi permasalahan kehidupan yang semakin berat kedepannya ,.
Bagaimanakah langkah atau upaya untuk mewujudkan kondisi tersebut , dibutuhkan sarana dan prasarana pendukung serta strategi jitu dengan melibatkan semua komponen sekolah yang memiliki sikap handarbeni dengan pola manajemen terbuka , mau menerima kritik dan saran yang bersifat membangun serta sistem marketing yang handal yang melibatkan siswa sebagai ujung tombak pemasaran serta warung atau toko orang tua siswa sebagai bagian pemasaran atau cabang toko bisnis center dengan sistem bagi hasil yang adil dan menguntungkan semua pihak , sehingga kedepan keberadaan bisnis center menjadikan idola kegiatan siswa untuk belajar bisnis..... Semoga !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar