"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Minggu, 23 Februari 2014

Bagaimana menjadi penulis yang baik

Salam sejahtera untuk anda para blogger pemula , saya ucapkan selamat kepada anda karena anda telah tersesat masuk blog " Cahaya Bintang Baru" sebuah blog sederhana sebagai bentuk curahan hati dan niat untuk berbagi sesama secara gratis baik pengetahuan maupun pengalaman.
Banyak yang bisa saya katakan melalui tulisan dan sebenarnya anda tidak salah menekuni bidang tulis menulis ini karena banyak yang bisa dikatakan lewat sebuah tulisan.
Tulisan yang baik adalah tulisan yang mempunyai makna dan bermanfaat bagi para pembaca baik sebagai petunjuk dari jalan suatu arah maupun merupakan solusi bagi suatu masalah.

Para Pembaca yang budiman , saya akan memberikan gambaran seputar cara menulis untuk anda penulis pemula bogger karena sebagai pemula banyak sekali kesulitan terutama untuk memulai menulis.
Mohon maaf mungkin gambaran langkah menulis  yang saya berikan sudah di share oleh para blogger , namun yang penting ini saya lakukan berdasarkan pengalaman pribadi penulis.
1. Tips menulis diawali dari minat,
Saudaraku yang baik segala sesuatu yang diawali dengan minat akan mempunyai pengaruh kuat untuk mendalaminya sehingga jika anda berminat untuk menulis itu artinya anda melalui jalan yang benar. Ada beberapa keuntungan dengan anda menekuni bidang tulis menulis yaitu:
a. Anda akan memiliki sifat ingin tahu terhadap semua hal yang layak untuk dikaji dalam tulisan , karena anda butuh bahan untuk ditulis sehingga semua hal atau masalah yang menurut anda layak untuk dikaji maka biasanya dengan mudahnya anda akan memulai menulis dan biasanya jika anda menemukan masalah yang layak untuk ditulis maka ada kecenderungan tulisan akan lebih mendalam.

b. Anda peduli terhadap permasalahan orang lain , apalagi permasalahan orang lain cenderung unik dan tidak biasa terjadi , maka anda seperti mendapat durian runtuh alias rejeki nomplok karena anda akan meluncur deras pada saat menulis alias lancar dan sampai sedetil detilnya , bahkan mungkin bisa menemukan tips atau trik kesuksesan.
c. Anda akan merasa selalu optimis karena anda memiliki jurus jurus jitu serta tidak mudah menyerah terhadap semua masalah yang datang kepada anda, kebiasaan anda adalah suka membaca buku atau risalah bahkan majalah , karena dari sana akan ditemukan banyak solusi permasalahan.

2. Niat menulis, semua penulis yang memiliki sifat alami biasanya secara natural rajin menulis dan yang ditulis tidak hanya bidang keahliannya namun juga masalah yang lagi jadi topik berbincangan atau trending topic, sehingga bisa dikatakan menulis karena memang punya niat menulis jadi menulis merupakan wahana ekspresi kegundahan , sehingga tulisannya juga enak dibaca dan dengan menggunakan tata bahasa sederhana namun komunikatif.

3.Niat menulis untuk mencari uang , menulis dengan model yang ketiga ini biasanya sudah memahami jenis dan trend tulisan sehingga bisa dikatakan menulis karena pesanan , sehingga model tulisannya juga sesuai pesanan karena pesanan maka harus memenuhi kaidah ilmiah dan prosedur serta tata cara yang diminta pemesan.Oleh karena itu biasanya ekspresinya tergantikan dengan alur pesanan dan biasanya kaku model tulisannya.

4. Menulis dengan menggunakan hati , jika anda menulis dengan hati niscaya anda akan menemukan kedamaian jiwa , karena anda menulis dengan mengabarkan kebaikan dan ketentraman serta dalam rangka ibadah sehingga model ini hanya dimiliki oleh orang yang sudah cukup mengalami pait getir nya kehidupan , sehinga trik mengatasi kehidupan yang dimilikinya lebih banyak dibanding dengan orang yang belum pernah pengalaman , jenis tulisannya juga mengena sasaran sehingga punya pangsa pembaca tersendiri.

Masih banyak tipe menulis , yang jelas kunci keberhasilan menulis sangat ditentukan oleh minat untuk menulis dan telah memahami keuntungan dengan menulis , karena tanpa kedua hal tersebut tidaklah mudah , menulis itu suatu kegiatan yang mengasyikkan bagi penulis tetapi yang tidak suka menulis itu suatu kegiatan yang membosankan dan berat karena dibutuhkan imajinasi serta daya kreasi penggunaan kata kata, oleh karena itu syarat mutlak yang harus dimiliki seorang penulis adalah memiliki banyak referensi kata kata atau kalimat yang mempunyai makna , siapaun orangnya jika dia mampu merangkai kata kata dengan penuh makna maka dia akan mudahnya menjadi seorang penulis yang handal dan Indonesia butuh orang model begitu , karena jumlahnya tidak banyak maka hasil karya yang dihasilkan akan bernilai tinggi dan ditunggu oleh banyak pembaca ... semoga ada manfaatnya

3 komentar:

  1. Asalamualaikum..
    pak. saya murid SMKN2 MGL lulusan 2013, akuntansi 3.
    saya ijin tukeran link yaa pak.
    ini alamat blog saya
    afirasepti.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Masih jualan slondok mentah ga pak?

    BalasHapus