"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Selasa, 26 Maret 2013

Kehebatan Dwi Sapta sebagai pemain Iklan di Indonesia


Sebagai pemimpin iklan, Dwi sapta makin diminati klien kliennya , mengapa demikian ? karena Dwi Sapta memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh para pemain iklan di Indonesia yaitu sangat kental nuasa jualannya.
Seperti yang dikatakan raja Iklan David Ogilvy, ” When I write on advertisement , I don’t want you to tell me that you find it ‘ creative; I want you to find it so interesting that you buy the product”
intinya , Ogilvy ingin mengatakan bahwa misi sebuah iklan adalah menjual. karena itu,sebuah iklan haruslah menjual , tak cukup hanya indah, artistik, dan memenangi banyak penghargaan. ” if it doesn’t sell , it is not creative; ” tulis Ogilvy.
Iklan iklan Dwi sapta sangat kental nuansa jualannya , hal ini tidak mengherankan , karena para creative director,copywriter, researcher dan account executive Dwi Sapta hanya mengenal tiga kiat jitu untuk mensukseskan sebuah iklan : Selling , jualan, dodolan.
Dan memang , kalau anda mengamati iklan iklan yang diproduksi Dwi Sapta selama 25 tahun terakhir. Anda akan mendapati bahwa iklan iklan tersebut memiliki ciri sangat tipikal Dwi Sapta : over – informative , lugas , simple & straight forward , single message, fokus ke target pasar , serta yang terpenting , menjual . Inilah gaya Dwi Sapta dalam membuat iklan.


Marilah kita lihat 9 credo Dwi sapta :
1. Creative that sells ” Selling , Jualan , Dodolan!!”
Prinsip dasar yang dipegang Dwi sapta dalam membuat iklan bagi klien kliennya yaitu bahwa iklan haruslah menjual, kreatif harus menjual, Kreatif sebuah iklan menurut Dwi sapta bukanlah apa yang dimaui agensi , melainkan apa yang dimaui pelanggan, yaitu kreatif dan pesan iklan yang menjual : Selling , jualan, dodolan.
2. Single Message , Simple, Segmented, focus to Your target Market .
Prinsip dasar iklan haruslah straight forward alias langsung dan menjual produk ada adanya, menggunakan pendekatan single message , simple ( tak memakai banyak pernak pernik) , lugas dan selalu  fokus pada kebutuhan dan keinginan target pasar. Gaya beriklan seperti inilah yang kemudian membntuk cotra bahwa iklan Dwi sapta adalah iklan yang hard sell.
3. Be different , be Controversial, Big Idea
Prinsip dasar bahwa iklan iklan yangdibuat Dwi sapta haruslah lain dari yang lain, breakthrough, break rule of the game, out of the box, bahkan kalau perlu, menimbulkan kontroversi dikalangan target audiens, karena dengan demikian akan mampu memicu  buzz dan word of mouth . Dwi sapta rupanya lebih memilih menjadi thought leader , ketimbang market leader. Bagaimana caranya ? formulanya sederhanya : be controversial.
4. QCD + Flexibility = Extraordinary Value
Prinsip dasar bahwa best quality , reasonable cost, speed, ditambah fleksibilitas yang tak tertandingi adalah element element dasar pembentuk extraordinary value yang diberikan Dwi sapta kepada klien kliennya. Dwi Sapta mengkomibnasikan kecepatan , harga murah, dan kualitas tersebut merupakan reason to buy utama klien.
5. Serve with the Heart
Prinsip dasar bahwa layanan ke klien adalah layanan sepenuh hati, layanan yang didsari jiwa dan hati yang tulus untuk membantu klien . Kami menyebut inilah the real differentiationDwi Sapta yang memungkinkan klien kliennya mampu bertahan belasan tahun. Serve with the Heart merupakan jantung keunggulan bersaing Dwi Sapta . Kenapa demikian , karena serve with the heart sudah menjadi budaya perusahaan yang mengakar kokoh di kalangan karyawan Dwi sapta.
6. Create Intimacy, Build agency – Clien chemistry
Prinsip dasar bahwa relationship dengan clien tak hanya sebatas hubungan kerja, tapi lebih dalam dari itu : persahabatan, kedekatan,keintiman,kecocokan , kejujuran, dan saling percaya, keterbukaan, loyalitas, serta komitmen. Ini semua adalah perekat yang memungkinkan tercapainya keintiman dan hubungan jangka panjang yang langgeng.
7. Sleep with cleints, Listen to their Needs , Wants , and Expectations.
Prinsip dasar bahwa Dwi Sapta harus ” kawin” dan ” tidur bareng” dengan klien, karena dengan demikian ia akan mampu mendengarkan setiap kebutuhan, keinginan,dan harapan klien secara efektif . Dengan ” tidur bareng ” klien , proses saling mendengarkan dan saling belajar antara Dwi Sapta dan klien berlangsung massif: tak hanya Dwi sapta yang mendengarkan dan mempelajari kliennya, tetapi sebaliknya, klien pun mendengarkan dan mempelajari Dwi Sapta.
8 Make Your Clients Succeed First, and Your Success Will Follow
Prinsip dasar bahwa sukses perusahaan bermula dari sukses klien. Intinya , kalau anda mampu membawa klien anda sukses, dengan sendirinya kesuksesan akan menghampiri anda. Dwi sapta percaya betul filosofi lebah: ” Ibarat lebah , kami siap bekerja keras untuk menghasilkan ” madu” bagi siapapun yang menjadi partner kami. Intinya Dwi sapta ingin menghasilkan madu kesuksesan bagi produk produk klien.
9. Client lifetime loyalty will Lead to Sustainable Profit.
Prinsip dasar bahwa memberikan kepuasan kepada pelanggan tak cukup lagi karena sudah generik , menjadi komoditas. agar mencapai sukses jangka panjang , Dwi Sapta harus menjadikan setiap kliennya loyal bukan kepalan. Dwi Sapta sadar betul bahwa akuisisi dan mencari klien baru selalu lebih sulit dan mahal. akan jauh lebih enak kalau ” Berburu dikebun Binatang”; alias menggeluti klien kliennya yang sudah ada dengan membangun loyalitas mereka . Selama 25 tahun terakhir upaya Dwi sapta dalam mengembangkan bisnisnya lebih banyak dilakukan melalui ” berburu di kebun binatang sendiri”.
Untuk memperkaya credo credo tersebut , kami perlihatkan kasus kasus produk  yang sukses  ditangani Dwi sapta , 9 kasus terbaik adalah iklan Soffel/Sari Puspa, Vegeta, Adem sari , Ovale, Fatigon& fatigon Spirit, Djarum Coklat, Tolak angin,Mexagrip dan Ceres

Tidak ada komentar:

Posting Komentar