"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Kamis, 02 Juni 2011

Konsep pengembangan jati diri Pengelola Businnes Centre SMK


Janji
Adalah niat dalam hati yang berkorelasi dengan kesetiaan. Janji bisa diniatkan dalam hati, diucapkan secara lisan maupun tertulis yang biasanya tertuang pada produk perjanjian. Dengan adanya janji/perjanjian, maka akan mencegah terjadinya pengkhianatan/penyelewengan.

Sadar Diri
Adalah kemampuan jiwa dan raga untuk ingat tentang keberadaan janji tersebut. Jika jiwa sudah ingat tentang eksistensi diri berada dalam lingkaran janji kepada seseorang/perusahaan, maka raga akan bergerak secara otomatis sadar melakukan tindakan yang berkaitan dengan janji. Sadar diri bahwa dirinya bekerja pada sebuah perusahaan yang telah memberikan gaji dan bonus serta pangkat, maka diri ini harus sadar bahwa perusahaan tersebut telah memberikan sesuatu kepada dirinya.

Komitmen
Adalah penerapan dari rasa tekad atas segala kekurangan, kelebihan, resiko, konsekwensi seseorang/perusahaan. Apapun yang terjadi, hantaman badai ataupun limpahan bahagia, seseorang itu akan tetap berbuat baik/positif dalam menjaga harmonisasi tim/perusahaan.

Tunduk
Tunduk bukan hanya merupakan tindakan tetapi lebih merupakan sikap patuh terhadap peraturan perusahaan, kebijakan pimpinan dalam suasana hukum positif (Agama, budaya dan norma kemanusiaan). Manusia mempunyai isi otak dan keinginan yang berbeda-beda. Jika pemimpin mempunyai kebijakan yang arahnya positif, maka dengan adanya komitmen maka secara bersama harus mendukung.

Inisiatif
Adalah kemampuan mengambil tindakan konstruktif secara mandiri dalam hadapi situasi dan kondisi tertentu untuk tujuan kebaikan perusahaan. Pemimpin adalah manusia yang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Inisiatif hadir untuk saling melengkapi segala kekurangan pemimpin/perusahaan.

Setelah semua terpenuhi, maka pemimpin harus secara bijaksana bertindak atas prestasi yang tercipta oleh tim nya. Tindakan itu bisa berupa pemberian penghargaan dalam komunikasi hubungan atau material.

Bagaimanakah watak bisa merusak sebuah hubungan ?
Saya bersikap ambigu terhadap keberadaan watak/sifat mendasar kepribadian manusia. Ada yang mengatakan watak adalah sifat mendasar kepribadian manusia yang ada semenjak lahir. Tapi, saya lebih condong berpendapat bahwa watak berasal dari pengaruh lingkungan, maksudnya disini watak ini diperoleh berdasarkan pengaruh dari lingkungan yang telah memberikan perubahan terhadap kehidupannya ataupun gaya hidup yang dia jalankan.

Untuk membangun manusia (menurut Islam), Allah mewakilkan kepada manusia melalui nafsu yang empat ( Amarah, Mutmainah, Sufiah, Aluamah ). Amarah adalah kemarahan, Mutmainah adalah kebaikan, Sufiah adalah keinginan, dan Aluamah adalah mementingkan diri sendiri. Dari 4 nafsu dasar tersebut menghasilkan sifat-sifat manusia diantaranya: Lemah, Gampang terperdaya, Lalai, Penakut/gampang kawatir, Bersedih hati, Tergesa-gesa, Suka Membantah, Suka berlebihan, Pelupa, Suka berkeluh kesah, Kikir, Kejam dan Bodoh, Suka menuruti prasangka, dan Suka berangan-angan.

Jika nafsu tersebut tidak seimbang, ada salah satu yang mendominasi, bakal punya potensi yang menghancurkan. Karena efeknya adalah menghasilkan dominasi watak pula terhadap keberlangsungan sebuah hubungan.

Oke, saya menyatakan bahwa hal diatas adalah diskusi terbuka. Para pembaca bisa mengkritik dan menambahkan pendapatnya. Semoga bermanfaat.Khusus bagi pengelola businnes Centre SMK saya sarankan untuk lebih mawas diri dalam menjalankan pengelolaan bisnisnya jangan terjebak pada nafsu yang merugikan yang akibatnya adalah kekecewaan, tetapi jangan jadi penakut untuk bertindak karena jika tidak segera memulai dengan kreatifitas maka akan tertinggal dari pesaing kita barvo para pengelola selamat berkarya ! tunjukan kamu bisa .... SMK Bisa !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar