"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Selasa, 07 Juni 2011

Bisnis Centre harus memiliki rasa pembeda!!


Salah satu kunci keberhasilan bisnis adalah melakukan kegiatan yang dikenal sebagai Unique selling proposition artinya jika kita sudah memutuskan suatu bidang bisnis yang akan kita geluti , mka kita harus fokus pada bisnis kita . Fokus waktu, fokus tenaga dan pikiran dan fokus pada keberhasilan bisnis kita. Fokus terhadap keberhasilan harus lebih kuat daripada fokus pada ketakutan terhadap kegagalan.Kita harus mempelajari dengan lebih jeli bagaimana agar kita lebih unggul dibanding pesaing kita baik didalam produk,ketepatan pengiriman,layana purna jual,customer service dll, sehingga kita harus memahami inti dari bisnis kita.Jika kita bergerak dibidang bisnis makanan artinya kita memberi orang makan, adapaun inti dari makanan adalah masalah keamanan produk, rasa dan selera . banyak sekali contoh tentang rumah makan , tampilannya sederhana tapi sangat laris, karena lezatnya masakan. Sehingga kita harus mempelajari urutan prioritas bisnis , ini akan memberikan kita panduan tentang strategi pemasarannya.Sering kita lihat bahwa pelanggan cenderung membeli dari perusahaan specialis , contohnya jika kita mau beli bakso biasanya ya kewarung bakso, bukan ke warung yang menjaul bkso, mie ayam,sup dan ayam goreng dll, jadi intinya konsumen lebih cenderung cari yang specialis.Kebanyakan bisnis restoran yang laris menjual produk makanan yang special. sebagai ilustrasi donat yang enak dan lengkap ya ke dunkin donat, ayam goreng ya ke Mbok berek, atau Ayam goreng Ibu Suharti, sehingga untuk mendapatkan produk terbaik biasanya kita beli dari toko khusus daripada toko serba ada.
Sehingga arah yang kita upayakan adalah menuju ke specialisasi produk atauapun keahlian yang menuju Unique Selling proposition dibanding produk jasa pesaing , sehingga kita memiliki daya pembeda dimata konsumen, pastikan kita memiliki produk dan jasa yang special dimata pelanggan, dan kita tidak perlu repot repot mencari pelanggan, justru pelanggan yang akan datang ketempat kita.Jika bisnis adalah perang maka cara untuk bertahan hidup dan makmur adalah menjadi lebih baik dari pesaing kita.Apakah kita kecil atau besar , strategi yang kita lakukan adalah berpusat pada kompetensi inti kita, mengapa fokus pada kompetensi inti kita begitu penting? karena konsumen berkonsentrasi pada satu aktivitas atau produk spesifik.
Pelanggan cenderung memandang perusahaan yang fokus sebagai pakar dibidangnya. Dan sebagai pakar , konsumen akan memandang mereka lebih berpengatahuan dan berpengalaman dari seharusnya . Sebaliknya konsumen jarang memuji generalis yang memiliki banyak produk ataupun keahlian , betapapun mahirnya sang generalis ini, akal sehat akan memberitahu konsumen bahwa seseorang ataua perusahaan tidak bisa menjadi ahli atau mahir dibanyak bidang sekaligus.Sebagai contoh diatas Suharti sukses di ayam goreng , pada prinsipnya semakin fokus dan terspesialisasi bidang usaha kita , maka akan semakin sedikit pesaing yang bisa melawan anda. Sering kali dalam bisnis kita tergoda untuk meniru sukses orang lain, sehingga terkadang kita cepat memutuskan untuk meniru atau bahkan berpindah bisnis . Dibutuhkan kesabaran untuk dapat fokus pada bisnis kita, sehingga saya cenderung menentukan fokus atau tidak kurun waktu yang saya pakai adalah lima tahun , karena biasanya kecenderungannya setelah berjalan lima tahun bisnis kan membaik, apabila kita tetap fokus di bisnis kita, kesulitan yang kita hadapi pada awal berusaha harus fokus kita atasi bukanya malah meninggalkannya, resepnya adalah bertahan dimasa sulit dan berkembang dimasa yang baik. Selalu percaya pada roda bisnis yang selalu berputar akan kita alami masa baik dan masa sulit tetapi kita harus tegar.Businnes Centre yang kita geluti juga harus menuju pada specialisasi produk walaupu awalnya kita bergerak di retail tetapi karena persaingan luar biasa keras saya menyarankan nantinya kita fokus disuatu produk agar kita bisa punya rasa pembeda khususnya kita bergerak di grosir, jadi yang kita perbesar adalah grosirnya, namun sekali lagi kita hanya bergerak disuatu produk unggulan saja , demikian sekedar urun rembug semoga ada manfaatnya... Barvo SMK bisa!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar