"Keunggulan Manusia diukur dari Sumbangsih Pemikirannya"

Jumat, 10 Desember 2010

7 kunci kebahagian keluarga


KOMPAS.com - Para peneliti di Australia meneliti mengenai hal-hal yang bisa membuat seseorang merasa bahagia. Mereka menemukan adanya 7 hal yang membuat seseorang merasa bahagia. Hasil penemuan tersebut diterbitkan dalam jurnal The Psychological Science. Apa saja hasilnya?

1. Gaya hidup yang sehat.
2. Bisa menyemat mimpi.
3. Mampu menaruh angan dan tujuan hidup yang masuk akal.
4. Percaya bahwa dirinya bisa merealisasikan tujuan dan harapannya.
5. Penuh cinta dan kesukaan.
6. Memiliki kehidupan sosial yang sehat.
7. Memiliki pasangan hidup yang tepat dan sepadan.

Para penulis dari peneliti tersebut menyatakan bahwa poin terakhir itu merupakan kunci dari poin-poin yang lainnya. Dipercaya, pemilihan pasangan yang sepadan dan mampu mendukungnya dalam semua aspek bisa memengaruhi banyak hal lain. Masalah dalam keluarga bisa mengarah kepada kegagalan dalam bentuk hidup lainnya, namun memahami bahwa Anda memiliki teman hidup yang kuat dan bisa mendukung akan membuat seseorang lebih percaya diri dan tenang. Hal ini yang akan menjamin kesuksesan seseorang, setidaknya begitu dari hasil penelitian dari aspek psikologis penelitian ini.

Uniknya, kesejahteraan dan kepenuhan dalam segi harta tidak dimasukkan dalam "bahan baku" kebahagiaan seseorang. Karena menurut para peneliti, uang hanya bagian atau komponen dan konsekuensi dari poin 5 (pemenuhan pekerjaan favorit), dan uang sendiri tidak memengaruhi kebahagiaan.

Dari hasil penelitian diatas jelas menunjukkan bahwa harta , belum menjadi ukuran kebahagian seseorang, sehingga aneh jika kita senantiasa mengejar harta, karena harta hanya titipan Allah SWT maka kita hendaknya tahu diri lah , jika kita mengejar dunia maka kita akan merugi karena tetapi jika kita mengejar akhirat kita dapat kedua nya.
Sebagai mahluk yang senantiasa berkubang dengan nafsu maka keinginan dunia yang begitu besar mewarnai kehidupan ini, dimana kelihatan baik dan menarik semua jika kacamata yang kita pakai hanya mengandalkan nafsu dan untuk meraihnya tidaklah sulit, namun jika kita gunakan nilai manfaat fidunia athal akhirah maka dimata dunia baik tapi dimata Allah SWT adalah dosa dan sebaliknya dimata dunia jelek tetapi dimata Allah baik dan penuh berkah , oleh karenanya semua ada ilmunya baik masalah dunia ada ilmunya masalah akhirah juga ada ilmunya , marilah kita belajar ilmu Allah dengan sebaik baiknya dengan minta petunjuk kepada pihak yang berilmu baik.
Manusia senantiasa berkubang dengan dengan wilayah dosa, tetapi kadang kadang manusia tidak menyadarinya bahkan tidak mau tahu sampai pada akhirnya manusia sudah terjerembab di jurang kehancuran, nah untuk itu marilah senantiasa tolabul ilmi , belajar mentap hidup ini dengan optimis dan senantiasa berjalan dijalan yang diridhoi Allah dan takut akan murka Allah, cobalah untuk menjadi manusia yang baik yang senantiasa fastabuqul khoirot ( berlomba dijalan kebaikan ) semoga kita bisa meraih kebahagian hakiki yang ternyata adanya di hati , seperti komponen kebahaian diatas, sekali lagi harta bukan segalanya ... marilah kita cari unsur kebahagian sejati pada keluarga kita, kita bina anak anak kita agar bisa menjadi anak kebanggaan keluarga dan menjadi bunga keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar